Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Industri Listrik Tenaga Bayu di Kabupaten Tala, Bisa Hasilkan 1.400 Mega Watt

ESDM Kalsel perkirakan PLTB di Kabupaten Tala dirancang menghasilkan 1.400 MW. Beberapa investor berminat di sektor industri listrik terbarukan ini.

BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Sutikno, Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Rancana Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Tanah Laut akan menjadi cikal bakal sentra Industri energi terbarukan khusus Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Bahkan, sudah ada beberapa investor yang berminat untuk melakukan investasi sektor industri listrik terbarukan ini. 

Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan, Sutikno, menjelaskan, rencana program PLTB ini dirancang mampu menghasilkan daya kapasitas sebesar 1.400 Mega watt (MW).

Jika potensi tekanan angin yang menjadi lokasi pembangunan tersebut dari 6 - 8 meter perdetik, diprakirakan mampu menghasilkan listrik hingga 800 MW.

Baca juga: Wah, Tanahlaut Punya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, Ini yang Diharapkan Warga

Baca juga: Enam Desa Dilibatkan Dalam Kegiatan Amdal Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Sehingga, apabila total energi terbarukan secara keseluruhan berhasil dibangun, maka kincir angin raksasa yang ditujukan sebagai cadangan listrik di pulau Kalimantan itu dipastikan mampu menampung daya kapasitas sebesar 1.400 MW.

"Apabila seluruh pembangunannya terlaksana, itu kisaran mencapai 1.400 MW. Padahal, kondisi esesting kita untuk pembangkitan di Kalsel khusus energi batu bara itu sudah mencapai 600 MW," urainya.

Pria yang akrab disapa Tikno menyampaikan, melalui Perda RUED nomor 1 tahun 2020 tentang rencana energi daerah menyebut bahwa hingga 2050 mendatang tenaga kelistrikan di Kalimantan Selatan mencapai 8,7 Gigawatt (GW).

"Atau sekitar 8.700 MW dan kemungkinan akan lebih besar lagi, dari Perda itu kita dituntut 24,7 persen," ucapnya.

Baca juga: Ini Harapan Plt Kepala Desa Kandanganbaru, Jika PLTB Terwujud

Dibangunnya energi terbarukan dari kincir angin ini, selaras dengan dicanangkan Kaltim ke depan menjadi ibu kota negara. Dan Kalsel, akan menjadi gerbang Ibu Kota Negara (IKN) yang perlu menopang kelistrikan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved