Breaking News:

Sport

Berkat Dukungan Orangtua, Pecatur Banjarbaru Noor Jannah Berhasil Raih Banyak Prestasi

Pecatur Banjarbaru Noor Jannah, juara 1 Turnamen Cepat 2018, juara 1 Festival Olahraga Pelajar Kalsel 2020, juara Liga Catur Banjarbaru 2021.

ISTIMEWA
Noor Jannah, Pecatur muda andalan Percasi Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -  Irene Kharisma Sukandar dan Chelsie Monica Ignesias Sihite merupakan pecatur perempuan Indonesia yang telah menorehkan berbagai prestasi untuk Bumi Pertiwi.

Kemampuan bermain keduanya dibuktikan dengan berbagai gelar tingkat internasional yang telah diraih.

Hal itulah yang membuat Noor Jannah, pecatur muda andalan Percasi Banjarbaru, Kalimantan Selatan,  mengidolakan keduanya.

Gadis yang biasa disapa Jannah itu pun telah menggeluti catur sejak di Sekolah Dasar. Bakatnya terlihat dengan berhasil menjarai O2SN se Kota Banjarbaru.

Baca juga: Terinspirasi GM Magnus Carlsen, Pecatur Banjarbaru Miftah Pelajari Buku Tebal Sang Idola

Baca juga: Pecatur Banjarbaru Ahmad Fauzi Punya Cara Unik Hilangkan Gugup Sebelum Tanding

Keberhasilan Pecatur Banjarbaru tersebut tidak lepas dari dukungan orangtuanya. Gadis yang kini berusia 17 tahun tersebut menyatakan sering berlatih bersama keluarganya.

"Saya selalu diajak berlatih dan bermain catur oleh ayah. Selain itu, ada keluarga saya yang juga atlet catur, sehingga membuat saya terinspirasi dan lebih mendalami lagi tentang catur," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (12/4/2021).

Berbagai prestasi pun telah ia peroleh, di antaranya juara 1 kelompok SMP Turnamen Cepat 2018, juara 2 Kejurprov 2019, juara 1 Festival Olahraga Pelajar Kalsel 2020 dan juara Liga Catur Banjarbaru 2021.

Ia pun memiliki persiapan khusus jelang pertandingan, mulai minum kopi agar tidak mengantuk hingga membawa minyak kayu putih agar dirinya tidak pusing.

Baca juga: Pecatur Banjarbaru MF Miftah Asah Kemampuan di Turnamen Catur Online

Baca juga: KalselPedia: Sejarah Lahirnya Terminal Catur Banjarbaru

Harapannya, event catur secara offline bisa kembali digelar. Karena hal tersebut bisa lebih meningkatkan kualitas bermain catur, terutama mental.

"Semoga bisa lebih berprestasi untuk membawa harum nama Kota Banjarbaru dan Kalsel," ujarnya.

Terpisah, pelatih tim catur Banjarbaru, Achmad Rizain Noor, menyatakan, bahwa Jannah adalah salah satu pecatur junior putri yang berbakat.

"Di usianya yang masih muda, ia pernah mewakili Kalsel di Kejurnas Catur, Jannah merupakan aset Kota  Banjarbaru untuk ajang Porprov Kalsel 2022," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Amirul Yusuf)

Penulis: Amirul Yusuf
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved