Breaking News:

KalselPedia

Kalselpedia : Kabupaten Balangan, Banua Sanggam Hasil Pemekaran HSU

Kabupaten Balangan adalah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Kalsel hasil pemekaran Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) 

banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kabupaten Balangan, adalah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Kalsel hasil pemekaran Kabupaten HSU. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kabupaten Balangan, adalah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Kalsel. 

Kabupaten Balangan, merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang diresmikan sejak tahun 2003. Kabupaten ini memiliki motto Bumi Sanggam yang merupakan singkatan dari Sanggup Manggawi Gasan Masyarakat (Sanggam).

Sejarah Kabupaten Balangan diawali dengan Resolusi I tanggal 13 Desember 1963 Panitia Pembentukan Kabupaten Balangan menuntut agar Kewedanaan Balangan dijadikan Kabupaten Balangan.

 Tahun 1968 disampaikan lagi Resolusi II kepada Presiden RI dan di setiap kesempatan melakukan desakan kepada Bupati Kepala Dati II dan DPRD Dati II Hulu Sungai Utara guna menyampaikan usulan kepada Pemerintah Pusat.

Baca juga: Sebanyak 100 Personel Dikerahkan dalam Operasi Keselamatan Intan di Kabupaten Balangan

Baca juga: Ekspor Perdana, 10 Ton Porang Hasil Petani di Balangan Dikirim ke Jepang

Sejak tahun 1970 usaha untuk menjadikan Balangan sebagai kabupaten sendiri terhenti karena pemerintah pusat pada masa itu belum mengijinkan. 

Setelah era Orde Baru digantikan oleh pemerintahan di era reformasi yang melahirkan Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 maka muncul kembali keinginan masyarakat Kabupaten Balangan untuk membentuk Kabupaten Balangan

Pada tanggal 13 Mei 1999 dibentuk (disegarkan) kembali "Panitia Penuntutan Kabupaten Balangan (PPKB)" yang diketuai oleh H Syahrani Ahing. Sejak itu PPKB memulai aktivitasnya dengan melaksanakan rapat secara maraton dari tanggal 14, 15 dan 16 Mei 1999 guna menyiapkan berkas dan konsep resolusi ke DPRD HSU.

Tanggal 17 Mei 1999 bertepatan dengan HUT Proklamasi Tentara ALRI Divisi Kalimantan, PPKB beserta tokoh Balangan menyampaikan Resolusi III ke DPRD HSU (DPRD masa transisi) yaitu "Resolusi Masyarakat Balangan" yang berisikan tuntutan pendirian Kabupaten Balangan. Untuk menanggapi hal tersebut maka DPRD HSU membentuk Tim Khusus.

DPRD HSU menerbitkan Surat Keputusan Nomor 27 tahun 2000 tanggal 6 Juli 2000 tentang Persetujuan Menyalurkan dan Memperjuangkan Aspirasi Masyarakat Balangan untuk mendirikan Kabupaten tersendiri . 

Dengan dasar itu Bupati Hulu Sungai Utara mengeluarkan Rekomendasi Nomor : 125/0889/Pem, tanggal 7 Juli 2000 sebagai bentuk dukungan.

Tanggal 11 Februari 2002 terbit SK DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara Nomor : 1 Tahun 2002 tentang Persetujuan Pembentukan Kabupaten Balangan yang tembusannya disampaikan kepada Gubernur dan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Tanggal 4 April 2002 terbit SK Gubernur Kalimantan Selatan Nomor : 0110 Tahun 2002 tentang Pembentukan Tim Pertimbangan Pemekaran Wilayah Kabupaten HSU yang diketuai oleh Drs H M Arsyad dan diiringi pula dengan terbitnya SK DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Nomor: 11 Tahun 2002 tanggal 7 Mei 2002 tentang Persetujuan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan terhadap Pembentukan Kabupaten Balangan.

Baca juga: Pemkab Balangan Serahkan Laporan Keuangan pada BPK

Pada tanggal 27 Januari 2003 dilangsungkan Sidang Paripurna DPR-RI yang membahas pembentukan dan pemekaran Kabupaten sehingga terbitlah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan di Kalsel yang disahkan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 25 Februari 2003.

Pada tanggal 8 April 2003 dilaksanakan pelantikan Pj Bupati Balangan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Saat ini, Kabupaten Balangan memiliki 154 desa dan tiga kelurahan. Terbagi pada delapan kecamatan dengan luasan wilayah 1.878,30 KM persegi. (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved