Breaking News:

Berita Tabalong

Lestarikan Anggrek Lokal, Penyuluh Kehutanan KPH Tabalong Ini Koleksi 50 Jenis di Pekarangan Rumah

Untuk melestarikan anggrek lokal, Penyuluh Kehutanan di KPH Tabalong ini mengumpulkan puluhan jenis anggrek di pekarangan rumah.

banjarmasinpost.co.id/dony usman
Misnariah saat merawat anggrek lokal miliknya yang ada di halaman samping rumah, Selasa (13/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Berbagai jenis anggrek nampak memenuhi halaman samping rumah Misnariah, penyuluh kehutanan yang bertugas di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tabalong.

Anggrek-anggrek mayoritas spesies lokal ini terlihat ada yang sedang berbunga serta sebagian di antaranya juga ada yang  bentuknya masih sangat kecil.

Keberadaan anggrek ini bukan hanya sekadar menjadi koleksi, tetapi ternyata lebih kepada upaya untuk bisa melestarikan spesies anggrek lokal yang sekarang sudah mulai susah ditemukan.

"Saya mulai melakukannya sejak sekitar tahun 2019," ujar Misnariah saat ditemui di rumahnya di Jln Bangkar RT 01 Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Baca juga: KalselPedia - Rumah Anggrek Pelaihari Tanahlaut Kalsel

Baca juga: VIDEO Wisata Kalsel Pesona Orchid Park Pelaihari, Bertabur Anggrek hingga Aneka Tanaman Peneduh

Baca juga: Warga Dua Desa di Balangan Ini Budidaya Ratusan Anggrek, Dishut Kalsel Turun Indentifikasi

Saat awal mengumpulkan anggrek yang dimilikinya hanya sekitar 10 macam jenis anggrek dan kini sudah mencapai sekitar 50 macam anggrek yang ada di tempatnya.

Anggrek-anggrek itu, imbuh perempuan kelahiran Muara Uya 1 Juli 1970 ini, ada yang didapat dengan membeli dari pencari anggrek baik yang ada di seputaran Tabalong maupun luar.

"Biasanya saya lihat, kalau ada yang belum saya miliki maka saya beli," ujar penerika penghargaan Wanalestari tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ini.

Menurutnya, ini dilakukan karena ingin melestarikan anggrek lokal supaya jangan punah dan tetap bisa terjaga.

Untuk itulah, tak hanya sekadar membeli lalu disimpan begitu saja, tetapi dirinya juga berusaha memelihara dan mengembangkan anggrek yang ada padanya.

Melalui ilmu yang didapat dari membaca di buku dan juga dari browsing di internet, usaha untuk bisa melestarikan anggrek ini bisa dilakoninya.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved