Breaking News:

Berita Kalteng

Dewan Bahas Usulan Pemberhentian dan Pengangkatan Pasangan Gubernur Hasil Pilgub Kalteng 2020

DPRD telah membahas usulan Pemberhentian dan Pengangkatan Pasangan Gubernur Hasil Pilgub Kalteng 2020

banjarmasinpost.co.id/faturahman
Pasangan Gubernur Kalteng terpilih H Sugianto Sabran-H Edy Pratowo tinggal menunggu tahapan akhir pelantikan oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng), hingga, Rabu (14/4/2021) masih memproses, tahapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, untuk proses pemberhentian gubernur lama dan pengangkatan Pasangan gubernur baru.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, telah menetapkan Pasangan, H Sugianto Sabran dan H Eddy Pratowo sebagai Pemenang Pilgub Kalteng yang digelar dalam Pilkada serentak tahun 2020 yang lalu.

Penetapan dilakukan setelah adanya surat keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan pasangan tersebut atas gugatan rivalnya Ben Brahim S Bahat-H Ujang Iskandar.

Ketua KPU Kalteng, Harmain, mengungkapkan, tugas mereka sudah selesai setelah adanya surat keputusan MK yang memenangkan Pasangan H Sugianto Sabran-H Eddy Pratowo tersebut.

Baca juga: Pilgub Kalteng 2020, KPU Kalteng Tetapkan H Sugianto Sabran-H Edy Pratowo Pemenang Pilgub Kalteng

Baca juga: Sengketa Pilgub Kalteng Sudah Tuntas, KPU Segera Tetapkan Pemenang dan Pelantikan Sugianto-Edy

"Saat ini proses masih bergulir di DPRD Kalteng untuk tahapan persiapan proses pelantikannya," ujarnya.

Gubernur Kalteng  H. Sugianto Sabran saat  menghadiri Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021 DPRD Provinsi Kalteng, Senin (12/04/2021), memberikan jawaban pandangan fraksi terkait raperda dan usulan pemberhentian dan pengangkatan tersebut.

Agenda Rapat Paripurna dalam rapat mendengarkan Pidato Jawaban Gubernur Kalteng atas Pemandangan Umum Fraksi Pendukung DPRD Kalteng terhadap dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kalteng.

Kemudian, Pengumuman tentang Usul pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Masa Jabatan Tahun 2016-2021 dan Usul Peresmian Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Baca juga: Paslon Ben-Ujang Sampaikan Gugatan ke Mahkamah Konstitusi, Tolak Hasil Pilgub Kalteng

Sementara itu, Sekdaptorov Kalteng, Fahrizal Fitri, mengatakan, saat ini proses tahapan Pilgub Kalteng masih diproses di DPRD Kalteng, setelah adanya penetapan pemenang pasangan calon oleh Mahkamah Konstitusi (MK) yang selanjutnya akan diusukkan kepada Kemendagri untuk tahapan akhir pelantikan.

"Perkiraan pelantikannya akan dilakukan di Istana Negara di Jakarta oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo  setelah Idulfitri, tentunya setelah adanya pemberhentian Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang lama," ujarnya. (Banjarnasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved