Breaking News:

Berita Kapuas

Dinas Perikanan Kapuas Kembali Salurkan Pakan dan Benih Ikan untuk Pokdakan

Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas kembali salurkan bantuan sarana dan prasara budidaya perikanan berupa benih Ikan Patin dan pakannya yang didapatkan d

Foto Dinas Perikanan Kapuas untuk Banjarmasinpost.co.id
Dinas Perikanan Kapuas saat salurkan paket bantuan benih ikan patin di wilayah setempat beberapa waktu lalu. 

Editor: Edi Nugroho
Berita Kapuas

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas kembali salurkan bantuan sarana dan prasara budidaya perikanan berupa benih Ikan Patin dan pakannya yang didapatkan dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, beberapa waktu lalu.

Kelompok yang menerima bantuan benih Ikan Patin tersebut antara lain, Pokdakan Saluwang Hayak Murik Kelurahan Murung Kramat, Kecamatan Selat.

Lalu, Pokdakan Panamas Berkarya Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat, Pokdakan Taheta Desa Sei Tatas Hilir, Kecamatan Pulau Petak dan Pokdakan Cangkal Desa Bunga Mawar Kecamatan Pulau Petak.

Kepala Bagian Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Dinas Perikanan Kapuas, Fatmawati menjelaskan bahwa masing-masing pokdakan tersebut mendapatkan benih Ikan Patin sebanyak 15.000 ekor kemudian dibagikan kepada 10 anggota yang ada di dalam satu pokdakan.

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Vaksin Covid-19 untuk Lansia Mulai Dilaksanakan di Kapuas

Baca juga: Bulan Ramadan, Kodim 1011/Kualakapuas Laksanakan Karya Bhakti TNI di Masjid

Baca juga: Diskominfo Kapuas Kalteng Terima Mahasiswa Magang Asal Uniska Banjarmasin

"Masing-masing pokdakan menerima 15.000 ekor benih Ikan Patin kemudian dibagikan ke 10 anggota yang ada di dalam satu pokdakan, artinya masing-masing orang mendapatkan 1.500 ekor benih Ikan Patin," jelas Fatmawati, Rabu (14/4/2021).

Lebih lanjut, dirinya menerangkan untuk pakan ikan ini disalurkan bertahap sesuai dengan ukuran ikan tersebut.

Yakni untuk tahap pertama pakan yang diberikan sebanyak 300 Kg untuk ukuran ikan 1 mm dan 600 Kg untuk ukuran ikan 2 mm.

Serta protein yang tinggi di atas 30 persen, kemudian untuk tahap kedua memberikan 2.200 Kg untuk ukuran ikan 3 mm / 4 mm dengan protein yang tinggi di atas 20 persen agar menghasilkan ikan yang baik ketika di panen.

Fatmawati berharap agar masyarakat yang mendapatkan bantuan ini bisa melakukan usaha budidaya perikanan dengan sebaik-baiknya.

"Terutama pokdakan pemula yang sudah lama mengharapkan bantuan dengan adanya ini bisa menjadi modal awal bagi masyarakat pembudidaya ikan," pungkasnya.
(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved