Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO 21.960 Ekor Kepiting dan Udang Kalsel Diekspor ke Cina

Balai KIPM Banjarmasin mendukung kegiatan Indonesia Satu Ekspor dengan menyelenggarakan pelepasan ekspor produk perikanan wilayah Kalsel

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dalam rangka Launching Bulan Mutu Karantina Tahun 2021, dengan tema “Ikan Sehat Bermutu Untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat" Balai KIPM Banjarmasin mendukung kegiatan Indonesia Satu Ekspor dengan menyelenggarakan pelepasan ekspor produk perikanan wilayah Kalimantan Selatan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Balai KIPM Banjarmasin pada Rabu, (14/4/2021), dihadiri oleh PT.Angkasa pura, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perdagangan, Balai Karantina Pertanian, Kantor Bea dan Cukai serta Pimpinan Unit Pengolahan Ikan di Kalimantan Selatan.

Dalam kesempatan ini juga digelar Sosilasi layanan prima dengan Aplikasi Prevent dalam Rangka Merealisasikan Komitmen Balai KIMP Banjarmasin membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Kegiatan pelepasan ekspor ini dilepas serentak seluruh Indonesia oleh Menteri Kelautan dan Perikanan melalui fasilitas zoom di Dermaga TPK Koja Tanjung Priuk Jakarta.

Kepala Balai KIPM Banjarmasin Sokhib menyatakan bahwa produk ekspor yang dilepaskan hari ini adalah produk non hidup sebanyak 47.269,80 kilogram dan produk hidup sebanyak 21.960 ekor.

"Dengan nilai ekspor sebesar Rp. 6.040.349.353," kata dia.

Tahun 2021, Kalimantan Selatan mempunyai 9 Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang 7 diantaranya telah melakukan ekspor produk perikanan ke negara Malaysia, Singapura, China, Jepang, Taiwan, Vietnam, Korea dan Eropa.

Komoditi unggulan ekspor perikanan Kalimantan Selatan adalah, Kepiting, Udang Segar Beku, Udang Masak Beku, Rajungan Segar, Labi-Labi, dan Udang Rebong Asin Segar.

Dengan kegiatan Indonesia Satu Ekspor ini, Balai KIPM Banjarmasin ikut serta dalam mendorong program Kementerian yaitu Meningkatkan Industrialisasi Sektor Perikanan, Mendorong Ekspor Hasil Perikanan Kalsel serta Mendorong Peningkatan Unit Pengolahan Ikan (UPI) Untuk Menembus Pasar Internasional.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, Rusdi Hartono melalui perwakilannya mengatakan sampai sekarang UPI di Kalsel ada 27 dari 13 unit pengolahan ikan. "Kedepan diharapkan bisa bersinergi meningkatkan nilai ekspor di Kalsel," kata dia. (Banjarmasinpost.co.id /Khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved