Breaking News:

Wisata Kalsel

Wisata Kalsel, Puncak Titian Musang Akan Dibuka Lebaran Idul Fitri Ini

Objek wisata alam Puncak Titian Musang di Papagaran,Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah bakal dikembangkan sebagai kawasa

banjarmasinpost.co.id/hanani
Sunset yang terlihat dari puncak Titian Musang, Dusun Papagaran Desa Patikalain, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Objek wisata alam Puncak Titian Musang di Papagaran,Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah bakal dikembangkan sebagai kawasan ekowisata.

Pengembangan tersebut bakal dilakukan masyarakat setempat bekerjsama dengan pihak swasta sebagai pembina. Sejumlah persiapan infrastruktur pun mulai disiapkan.

Salah satu pembina masyarakat, Riza Pahlefi, mengatakan ide menjadikan Papagaran sebagai kawasan ekowisata setelah pihaknya melihat potensi alam yang dimiliki anak desa Patikalain tersebut.

Disebutkan, ide menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata terpadu, setelah pasca banjir bandang Januari 2021 lalu.

Baca juga: Wisata Kalsel, Bakar Ikan Segar di Kawasan Pulau Samber Gelap Kotabaru

Baca juga: Wisata Kalsel, Perjalanan 2 Jam Menuju Samber Gelap Kabupaten Kotabaru

Baca juga: Wisata Kalsel, Di Rest Area Putri Junjung Buih Amuntai HSU Disediakan Internet Gratis

“Banyak relawan luar daerah tertarik berinvestasi dan memcoba membantu pengembangan kawasan ekowisata. Setelah selesai masa tanggap darurat, dan masa pemulihan masyarakat setempat perlu diberdayakan. Kami mencoba membantu warga, membangun infatruktur di kawasan ini. Seperti membangun mini café di atas puncak dengan memanfaatkan kayu yang larut terbawa banjir, dibikin meja dan kursi tempat duduk,”kata Reza.

Ditambahkan, saat ini pihaknya juga sedang membangun rumah anjungan yang akan dijadikan galeri taman bacaan anak-anak sekaligus sebagai tempat menggelar berbagai kerajinan tangan warga.

Seperti bakul anyaman khas dayak, tikar dan lain-lain.Saat ini, juga telah terpasang fasilitas WiFI untuk memudahkan komunikasi pengujung.

“ Selama ini, jika ingin mendapatkanjaringan seluler, atau jaringan internet, harus naik ke puncak titian musang dulu. Dengan adanya jaringan WiFi, masyarakat desa pun bisa mendapatkan jaringan tanpa naik ke puncak,”kata Reza. Diapun menargetkan, setelah lebaran idul Fitri, puncak titian ,using sudah bisa dikunjungi masyarakat umum.

“Di atas puncak kami juga akan membangun pentas langit, untuk remanya menampilkan tarian dayak. Ada spot foto mobil terbang juga, termasuk fasilitas toilet segera kami bangun,”ungkap Reza. Agar lebih mudah mendaki puncak, akses jalan menuju lokasi wisata pun bakal diperbaiki. “Jadi pengembangan kedepannya adalah sebagai wisata terpadu,”pungkas Reza. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved