Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Peran APBN Imbangi Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian di Kalsel

Pembahasan pemanfaatan APBN untuk perekonomian daerah berlangsung di Aula Kanwil DJPb Kalsel, Jalan DI Pandjaitan, Kota Banjarmasin.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Peran APBN melalui belanja negara menjadi salah satu faktor dominan menahan perlambatan pertumbuhan perekonomian di Kalimantan Selatan.

"Terbukti ekonomi Kalsel lebih baik dibanding nasional. Nasional minus 2,1 persen, di Kalsel minus 1,8 persen, jadi lebih baik. Walaupun tidak hanya konsumsi belanja pemerintah saja yang mendorong, karena ada juga sektor pertambangan sektor pertanian yang tidak terdampak," beber Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalsel, Sulaimansyah, Kamis (15/4/2021).

Hal ini disampaikannya dalam Konferensi Pers Realisasi Pelaksanaan APBN Triwulan I Tahun 2021 Wilayah Provinsi Kalsel di Aula Kanwil DJPb Kalsel, Jalan DI Pandjaitan, Kota Banjarmasin.

Selain Sulaimansyah, hadir pula Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalselteng Tarmizi, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalselteng Ferdinan Lengkong dan Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Direktorat Bea dan Cukai Kalbagsel, Isja Berwirman.

Baca juga: UPDATE Covid 19 Kalsel: Positif Bertambah 221 Orang, Sembuh 150, Meninggal 6

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru Terima 5.000 Rapid Test Antigen dari Pj Gubernur Kalsel

Kemudian, Sulaimansyah juga mengatakan, Kanwil DJPb Kalsel sudah merealisasikan belanja di Kalsel Triwulan I tahun 2021 yang tumbuh sebesar 13,63 persen.

Dari alokasi sebesar Rp 29,6 triliun, telah direalisasikan sebesar Rp 6,5 triliun atau sebesar 25,11 persen.

Dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi khususnya di akar rumput terutama dalam mendukung PPKM mikro, pemerintah di tahun 2020 telah memanfaatkan penggunaan dana desa untuk membantu masyarakat desa terdampak Covid-19 melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Tahun ini, pemerintah juga melanjutkan penggunaan dana desa untuk BLT dan mempertajam penggunaannya.

Baca juga: Lanjutkan Normalisasi Sungai, PUPR Banjarmasin Kerahkan Pasukan Turbo

Baca juga: Warganya Kena Tumor, Dinkes Kota Banjarmasin Berikan Pendampingan Untuk Berobat

Hingga Triwulan I 2021 telah direalisasi dana desa sebesar Rp 325,15 miliar atau sebesar 21,31 persen.

Halaman
123
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved