Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Harga Tandan Buah Segar Sawit April 2021 Naik 6 Persen, Ini Harga Tertinggi dan Terendah

Untuk harga TBS kelapa sawit periode bulan April dibandingkan bulan Maret mengalami kenaikan harga tata-rata sebesar enam persen.

Polres Kotim untuk BPost
Tandan buah segar sawit di bulan April 2021 mengalami kenaikan 6 persen. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit, menggelar rapat penetapan harga TBS untuk periode bulan April 2021. 

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Kelapa Sawit dan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, drh. Suparmi, MS. 

Berdasarkan kesepakatan hasil rapat TBS yang dibacakan Kepala Bidang Penyuluhan, Pengolahan dan Pemasaran Disbunnak Prov. Kalsel, Muhammad Rusli, disepakati perhitungan untuk harga CPO bulan April naik menjadi Rp. 9.901,42. 

Inti Sawit juga mengalami kenaikan menjadi Rp. 6.385,64 sedangkan nilai Indeks K naik di angka 88,24%. 

Baca juga: Limbah Sawit dan Batu Bara Tak Masuk B3, Walhi: Inilah Kekhawatiran Walhi Terhadap UU Ciptaker

Baca juga: Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Bulan Januari, Harga Sawit Alami Kenaikan

Baca juga: Pantau Progress Penanganan Limbah Kebun Sawit di Jorong, Fakta Ini yang Ditemui Dinas LH Tala

Untuk harga TBS kelapa sawit periode bulan April dibandingkan bulan Maret mengalami kenaikan harga tata-rata sebesar enam persen.

Harga terendah TBS pada umur tanaman 3 tahun yakni Rp. 1.582,96 dan harga tertinggi Rp 2.191,46 pada umur tanaman 13 tahun.

Data selengkapnya dapat dilihat pada tabel harga TBS bulan April 2021. 

Sementara sebelumnya untuk harga TBS kelapa sawit periode bulan Januari 2021 dibandingkan bulan Desember 2020 mengalami kenaikan harga rata-rata 3 persen dengan harga terendah sebesar Rp1.484,95 pada umur tanaman 3 tahun.

Baca juga: Dinas Perdagangan Kalsel Dukung Hilirisasi Sawit untuk Potensi Ekspor

Sedangkan, harga tertinggi Rp2.058,11 untuk umur tanaman 13 tahun. Data selengkapnya dapat dilihat pada tabel harga TBS bulan Januari 2021. 

Selanjutnya harga TBS yang telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan digunakan sebagai dasar acuan dalam pembayaran harga TBS Kelapa Sawit kepada pekebun. (Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved