Breaking News:

Pilkada Banjarmasin

KPU Banjarmasin Tegaskan Sosialisasi PSU Tugas Penyelenggara, Bukan Tugas Paslon

Sosialisasi terkait PSU Pilkada Banjarmasin menjadi tugas KPU dan Bawaslu, Paslon diimbau tak melakukan sosialisasi.

banjarmasinpost.co.id/frans
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Belum lama tadi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin telah menggelar sosialisasi terkait dengan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020.

Sosialisasi dilakukan dengan mengumpulkan perwakilan masyarakat khususnya di tiga kelurahan yang akan dilaksanakan PSU, yakni Kelurahan Mantuil, Kelurahan Murung Raya dan juga Kelurahan Basirih Selatan.

Terkait dengan aktivitas sosialisasi agar masyarakat nantinya menggunakan hak pilihnya ini, KPU Banjarmasin menegaskan hal ini merupakan tugas penyelenggara, baik itu KPU Banjarmasin maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin.

Untuk itulah KPU Banjarmasin mengimbau agar pasangan calon (paslon) tidak perlu melakukan aktivitas sosialisasi jelang PSU ini.

Baca juga: PSU Pilkada Kota Banjarmasin, DPRD Kalsel Tolak Jadi Hari Libur

Baca juga: Jelang PSU Pilwali Banjarmasin, Paslon AnandaMu akan Diberi Peringatan Tertulis

"Sosialisasi adalah ranah dari penyelenggara, baik itu KPU Banjarmasin dan juga Bawaslu Banjarmasin. Jadi paslon tidak perlu melakukannya," kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar, Jumat (16/4/2021).

Selain merupakan tugas dari penyelenggara, Akbar menerangkan kegiatan sosialisasi rawan menjadi ajang melakukan kampanye.

Sedangkan dalam aturan sudah disebutkan bahwa PSU tidak ada tahapan kampanye, sehingga paslon dilarang berkampanye.

"Sosialisasi bisa identik dengan kampanye, sedangkan di PSU tidak ada tahapan kampanye. Makanya jangan membuka hal untuk paslon melakukan sosialisasi," jelasnya.

Baca juga: Terjerat korupsi Dana Desa, Kades Tiga Periode di HSU Kalsel Ditangkap di Kalteng

Baca juga: Layanan SIM Keliling Akan Buka Lagi, Polresta Banjarmasin Siap Luncurkan Aplikasi Sigab

Akbar juga mengklarifikasi terkait pemberitaan dari sebuah media online, yang terkesan KPU Banjarmasin mempersilahkan paslon untuk ikut melakukan sosialisasi PSU.

"Kita juga mengklarifikasi bahwa KPU Banjarmasin tidak pernah secara resmi memberi izin kepada paslon untuk melakukan sosialisasi karena itu sudah ranah penyelenggara yang melakukannya," katanya.

Disinggung mengenai aktivitas paslon melakukan aktivitas silaturahmi dan mengunjungi warga di wilayah PSU, Akbar mengatakan masih diperbolehkan.

"Kalau misalnya mau mendatangi warga atau berkunjung boleh saja, tapi tidak boleh mengumpulkan orang. Kemudian juga tidak boleh melakukan ajakan memilih paslon tertentu, ada atribut atau embel-embel lainnya," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved