Breaking News:

Berita Banjarbaru

VIDEO Kebun Raya Banua di Kota Banjarbaru Bakal Segera Dibuka untuk Umum

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan dan Kota Banjarbaru memberi lampu hijau untuk pembukaan Kebun Raya Banua.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberi lampu hijau untuk pembukaan Kebun Raya Banua.

Lokasi wisata mirip Kebun Raya Bogor tersebut berada di lingkungan Kantor Gubernur Kalsel, wilayah Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalsel

Kepala UPTD Kebun Raya Banua, Agung Sriyono Sabtu (17/4/2021), mengatakan, telah mengajukan izin ke Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dan mendapatkan konfirmasi izin pembukaan. Termasuk juga dari Satgas di Kota Banjarbaru.

Dikatakan Agung, Kebun Raya Banua tidak pernah tutup selama Pandemi Covid-19 ini. Pihaknya masih membuka kebun, namun untuk keperluan pendidikan bagi sekolah, lembaga dan kampus.

Baca juga: Jelang Penanaman 1 Juta Pohon, Pj Gubernur Tanam Kasturi di Kebun Raya Banua Kalsel

Baca juga: Kalselpedia: Embung Kampung Banjar Dibangun Setelah Embung Kebun Raya Banua Banjarbaru

"Sedangkan untuk masyarakat umum, tidak diperbolehkan. Kalau untuk kegiatan pendidikan, kami tidak tutup karena lebih terkontrol. Jika ada yang positif setelahnya, juga lebih mudah ditracking dari data buku tamu dan juga ada penanggung jawabnya," ujarnya.

Saat ini koleksi Kebun Raya Banua sudah ada sekitar 600 jenis tanaman. Didominasi tanaman endemik Provinsi  Kalsel dan sebagian adalah Nusantara. 

Koleksi tanaman saat ini diambil dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam Kabupaten Banjar, Kalsel.

Jika endemik Kalsel sudah hampir lengkap, maka pengelola Kebun Raya Banua akan mencari tanaman endemik Nusantara.

Baca juga: Kebun Raya Banua Dilengkapi Gedung Konservatorium

Baca juga: VIDEO Wisata Kebun Raya Banua, Ada Spot Buah-buahan Asyik untuk Agro Wisata

"Di sini ada zona kayu, buah, obat dan anggrek. Kayu, jenis kayu kuku, belangiran. Buah, ada kapul, gitaran, rambai, kasturi dan berbagai jenis mangga," tambah Agung.

Sejak pandemi Covid-19, Kebun Raya Banua di Kota Banjarbaru tersebut tak lagi dibuka untuk umum.

Biasanya, masyarakat biasa boleh langsung masuk ke kebun dengan membayar retribusi dan tanpa harus mengirim surat terlebih dulu seperti keperluan pendidikan.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved