Breaking News:

Berita Banjarmasin

Kelangkaan Elpiji Kalsel, Distribusi Terhambat, Krisis Gas Mengancam Kalsel

Krisis Liquefied Etroleum Gas (LPG) atau elpiji mengancam sebagian besar wilayah yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) beberapa waktu ke depan.

banjarmasinpost.co.id/frans
ilustrasi: Warga sedang mengantri membeli elpiji 3 KG di salah satu pangkalan di Banjarmasin. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Krisis Liquefied Etroleum Gas (LPG) atau elpiji mengancam sebagian besar wilayah yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) beberapa waktu ke depan.

Lagi-lagi hal ini disebabkan rusaknya infrastruktur Jalan Gubernur Syarkawi, yang menjadi poros utama pendistribusian elpiji di Kalsel.

Sekadar diketahui, selama ini elpiji disuplay dari Depot Mini LPG Pertamina yang berlokasi di sekitar Jembatan Barito, Kabupaten Batola.

Dari Depot Mini LPG Pertamina ini, barulah elpiji didistribusikan ke berbagai Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Kalsel menggunakan mobil skidtank.

Baca juga: Lebih Seratus Pangkalan Elpiji Melon Tak Berizin, Pemkab Tala Lakukan Pembinaan

Baca juga: Respons Keluh Kesah Pangkalan Elpiji Melon, Pemkab Tala Siapkan Solusi ini

Baca juga: Pemkab Tala Susun Raperbup Tata Niaga Elpiji Melon, Pangkalan Minta HET Ditinjau Ulang

Baca juga: Pasokan Elpiji Melon di Pelaihari Berlimpah, Kalangan Pangkalan Justru Mengeluh Kesulitan ini

Dan dikarenakan terjadi kerusakan, maka Jalan Gubernur Syarkawi sangat sulit untuk dilalui, sehingga membuat mobil skidtank pun tidak bisa melakukan distribusi secara normal alias terhambat.

Akibatnya distribusi elpiji untuk wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Pelaihari, Batulicin, Tanahbumbu hingga Kotabaru terganggu.

Kondisi ini diperparah juga dengan rusaknya jalan nasional di Desa Sungai Gampa Asahi Batola, dimana diketahui ada beberapa truk syarat muatan terbalik hingga membuat kemacetan.

Kondisi yang terjadi di Desa Gampa Asahi ini pun juga membuat distribusi elpiji ke wilayah Tapin, Kandangan, Barabai, Amuntai, Nagara, Balangan hingga Tabalong pun juga ikut terhambat.

Terkait kondisi ini pula, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kalsel, H Saibani tak menampik jika krisis elpiji bakal melanda berbagai wilayah di Kalsel.

Halaman
12
Penulis: Frans Rumbon
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved