Breaking News:

Berita Balangan

BPUM Bakal Kembali Disalurkan, Pelaku Usaha di Balangan Bisa Daftarkan UMKM di Desa

BPUM akan kembali disalurkan. Pelaku usaha mikro bisa mendaftarkan diri ke kantor desa atau melalui Dinas Kpperaso UMKM dan Perindustrian Balangan

banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Plt Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Balangan, Syamsul Hidayat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Pemerintah Pusat bakal kembali disalurkan.

Melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perindustrian Kabupaten Balangan, para pelaku usaha mikro bisa mendaftarkan diri. 

Pendaftaran untuk pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan bantuan bisa langsung melalui desa.  Informasinya, pendaftaran UMKM tersebut akan ditutup pada akhir April mendatang. 

Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Mikro dan Perindustrian Pemkab Balangan, H Syamsul Hidayat menerangkan, pendaftaran BPUM bagi pelaku UMKM di Balangan bisa dilakukan dalam twaktu dekat. Selain itu, pelaku usaha juga dipermudah untuk tempat pendaftaran.

Baca juga: Bulan Ini Terlewat, Pendaftaran BPUM Rp 1,2 Juta Masih Dibuka Hingga 31 Agustus 2021

Baca juga: Geger Antrean Pencairan Dana BPUM di Martapura Kabupaten Banjar, Ada yang Pingsan

Baca juga: BPUM Kembali Berlanjut, UMKM di Balangan Diimbau Segera Daftar ke Kelurahan atau Desa

"Para pelaku UMKM yang ingin kau mendapatkan bantuan bisa mendaftarkan UMKM mereka di kantor desa, kelurahan maupun datang langsung ke kantor kami," ucap Syamsul, Minggu (18/4/2021).

Pendaftaran UMKM ini, sebut Syamsul, akan ditutup pada tanggal 27 April 2021. Sehingga para pelaku usaha masih memiliki waktu.

Selain itu, mereka juga harus memenuhi syarat dan ketentuan administrasi pendaftaran.

Syamsul juga menambahkan, bagi yang sudah melakukan pendaftaran, data akan diproses ke pihak provinsi, kemudian pihak provinsi selanjutnya akan memproses ke pusat, untuk verifikasi lebih lanjut.

Pada program BPUM kali ini, tanggal 30 April mendatang pihaknya sudah akan menyerahkan data kepada pemerintah provinsi untuk ditindak lanjuti.

Kemudian data tersebut akan dikirimkan ke pemerintah pusat. Sementara prediksi pencairan dana pasca proses tersebut diperkirakan akan bisa diterima pada Bulan Mei. 

Tak habis disitu,  bagi Pelaku UMKM yang sudah mendapatkan BPUM tahun 2020 bisa dapat kembali di tahun 2021. Bahkan sebagai sudah bisa dicairkan.

Baca juga: PELUANG Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Penerima Tahun Lalu Dapat Lagi, Cek di eform.bri.co.id/bpum

Sebagaimana diketahui, untuk BPUM pada tahap kali ini, nominal bantuan yang akan diterima Rp 1,2 juta. Sementara pada akhir 2020 kemarin, jumlah bantuan tersebut sebesar Rp 2,4 juta. 

Tentunya BPUM ini ujar Syamsul diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Sehingga bisa membantu pengembangan usaha mereka di tengah pandemi Covid-19.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved