Breaking News:

Bumi Bersujud

Bupati Tanbu Ikuti Rakor Membahas Hasil Pilkada 2020 Secara Virtual Yang Dibuka Presiden RI

Bupati Tanah Bumbu dr HM. Zairullah Azhar mengikuti rakor virtual yang membahas hasil Pilkada 2020. Rakor ini dibuka Presiden RI Jokowi

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Bupati Tanbu ikuti rakor hasil Pilkada secara virtual yang dibuka Presiden RI Joko Widodo, Rabu (14/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN – Presiden RI, Joko Widodo secara resmi membuka rapat koordinasi (Rakor) Kepala Daerah se Indonesia yang membahas hasil Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serentak tahun 2020.

Dari ratusan pasangan kepala daerah hasil Pilkada yang hadir dalam pelaksanaan secara virtual itu turut dihadiri Bupati Tanah Bumbu dr HM. Zairullah Azhar, wakil Ketua DPRD Tanbu Agoes Dahmady dan perwakilan Kejaksaan, TNI Polri di ruang DLR Kominfo Rabu (14/4/2021) Kantor Bupati.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam laporannya menjelaskan, bahwa sampai saat ini terdapat 185 pasangan kepala daerah hasil Pilkada 2020 yang telah dilantik. Jumlah itu terdiri 5 pasangan gubernur, 152 pasangan bupati, dan 28 pasangan wali kota.

Mendagri lebih jauh menguraikan, dari total 185 pasangan tersebut, 114 orang diantaranya merupakan pejabat petahana atau pernah menduduki kursi kepala daerah atau wakil kepala daerah. Sedangkan sisanya, sebanyak 255 orang merupakan kepala daerah atau wakil kepala daerah yang baru kali pertama menjabat.

Mendagri menambahkan, jumlah pasangan kepala daerah yang belum dilantik sebanyak 85 pasangan. Jumlah itu terdiri dari 4 pasangan gubernur, 72 pasangan bupati, dan 9 pasangan wali kota. Tito mengatakan, pasangan yang belum dilantik direncanakan bakal dilantik secara serentak pada akhir April 2021 dan Juli 2021.

Mendagri menjelaskan, masih adanya pasangan kepala daerah yang belum dilantik, akibat adanya sengketa perselisihan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Berdasarkan keputusan MK, masih ada 14 daerah yang melaksanakan pemilihan suara ulang. Selain itu, kondisi ini akibat masih adanya kepala daerah yang belum rampung masa jabatannya.

Selain arahan dan pembekalan dari Presiden Joko Widodo, sejumlah pejabat negara juga turut memberi pengarahan, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Kemudian Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kegiatan ini ditutup oleh Mendagri, dengan mengangkat tema utama kegiatan adalah Stabilitas Politik dan Keamanan, Pemulihan Ekonomi, serta Penanganan Covid-19. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved