Breaking News:

Berita Balangan

Dinsos Balangan Berdayakan Remaja Putus Sekolah,  Dibina Melalui Panti Sosial Bina Remaja

Dinas Sosial Kabupaten Balangan laksanakan program pemberdayaan pada remaja putus sekolah di Balangan.

Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Dinas Sosial Kabupaten Balangan laksanakan program pemberdayaan pada remaja putus sekolah di Balangan.

Bentuk pemberdayaan itu yakni adanya pembinaan kepada para remaja untuk memiliki skill yang nantinya bisa dimanfaatkan pada dunia kerja.

Progam Dinas Sosial Kabupaten Balangan tersebut merekrut remaja putus sekolah yang nantinya diikutkan pada pelatihan ke Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) milik Pemprov Kalsel.

Sebut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo, Minggu (18/4/2021), anak-anak yang terlantar, dalam artian putus sekolah dan tidak bekerja harus dilakukan pembinaan. Hal itu agar mereka tidak terjerumus pada sesuatu yang negatif, misalnya narkoba. Cara pembinaan yang dimaksud yakni diikutkan dalam pelatihan di PSBR.

Baca juga: Tak Lagi Tercatat Sebagai Penerima BST, Beberapa Warga Protes ke Dinsos Kotabaru

Baca juga: Samakan Persepsi Pelaksanaan Program Kegiatan, Dinsos Kalsel Gelar Rapat Koordinasi

Baca juga: Aksi Penggalangan Dana Korban Bencana Marak di Kota Pangkaraya, Kadinsos: Wajib Kantongi Izin

Baca juga: Komisi I DPRD Banjarbaru Minta Dinsos Perhatikan Nasib Warga Sebelum dan Pasca Banjir

Ribowo menerangkan, para remaja yang ikut program tersebut akan dilatih selama enam bulan. Kemudian ketika mereka kembali atau pulang, para remaja itu pun akan mendapatkan permodalan berupa alat dari jurusan yang mereka pilih.

"Kalau mereka ikut pembinaan kursus menjahit, maka mereka akan mendapatkan alat jahit," ucap Ribowo mencontohkan.

Ia pun berharap, adanya program tersebut akan membantu masyarakat dari segi perekonomian dan mengurangi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Balangan.

Selain itu, Dinas Sosial Kabupaten Balangan jelas Ribowo juga aktif menjalankan program untuk membentuk Kelompok Usaha Bersama (Kube).

Program tersebut merupakan kegiatan dari pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Adapun tujuannya yakni untuk meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat.

Dinas Sosial ucap Ribowo akan memfasilitasi masyarakat yang memiliki produk dengan memenuhi keperluan mereka dalam menjalankan usahanya.

Sekelompok warga yang membentuk usaha tersebut diarahkan untuk mengajukan proposal terlebih dahulu ke Dinas Sosial. Kemudian akan dilakukan verifikasi data untuk ke tahap penganggaran bantuan.

Pihaknya juga akan memberikan pembinaan kepada penerima Kube dengan memberikan edukasi dan sosialisasi bagaimana cara menjalankan usaha tersebut.
(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved