Breaking News:

Kalselpedia

Kalselpedia - Fasilitas Modern Pasar Limbur Raya Kotabaru Tak Pernah Dinikmati Masyarakat

Lift dan eskalator di Pasar Limbur Raya yang disebut mal di Kabupaten Kotabaru tak pernah bisa difungsikan sehingga tak bisa digunakan masyarakat.

BANJARMASINPOST.CO.ID/HELRIANSYAH
Pasar Limbur Raya di Jalan Putri Ciptasari, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (18/4/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU -  Pasar Limbur Raya di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, diresmikan pada 2009.

Sebagian besar masyarakat menyebutnya mal. Disebut demikian karena bangunan Pasar Limbur Raya dinilai  representatif dibanding bangunan di komplek Pasar Kemakmuran Kotabaru

Masyarakat pada umumnya kebanyakan menyebut mal, kala itu selain konstruksi bangunan beton terdiri dari tiga lantai. Pasar Limbur Raya satu-satunya tempat perbelanjaan yang dinilai megah di Bumi Saijaan. 

Disebut bangunan pasar paling megah, selain terlihat dari konstruksi bangunan, pasar beralamat di Jalan Putri Ciptasari, Kelurahan Kotabaru Tengah, ini pun dilengkapi fasilitas canggih di kala itu. 

Baca juga: Cek Pasar dan Pelabuhan, Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru: Perbaikan Prioritas di Tahun 2022

Baca juga: Datang ke Pasar Limbur, Kapolres Kotabaru Mengambil Sapu dan Melakukan ini

Memudahkan konsumen/pengunjung berbelanja, Limbur Raya sempat disebut-sebut mal-nya Kabupaten Kotabaru karena dilengkapi fasilitas lift dan eskalator.

Sayangnya, sejak diresmikan hingga sekarang, dua fasilitas yang sempat dibangga-banggakan masyarakat itu tak lagi  berfungsi. 

Padahal dua fasilitas itu cukup menguras anggaran daerah. Selain mubazir, pun kondisi dua fasilitas itu kondisinya sudah cukup memprihatinkan.

Bangunan Limbur Raya terdiri tiga lantai. Lantai dasar di tempat pedagang pakaian, lantai dua pedagang perhiasan,  lantai tiga sempat dijadikan ruang kantor Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan arena olahraga biliar. Sekarang kondisinya mulai kurang terurus. 

Baca juga: NEWSVIDEO : Puluhan Pedagang Limbur Raya Korban Kebakaran Tolak Ditempatkan di Pasar Blok E

Baca juga: Parkir Pasar Limbur Raya Semrawut dan Rawan Pencurian, Kapospol Terpaksa Rajin Lakukan Ini

Penuturan Mahdi, warga setempat, Pasar Limbur Raya memang disebut sebagai mal karena tersedia lift dan eskalator. 

"Dulu, warga menyebutnya mal Kotabaru. Ada lift dan eskalator," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (18/4/2021).

Sayangnya sejak diresmikan sampai sekarang, dua fasilitas tidak berfungsi. Padahal masyarakat sangat mendambakan, karena satu-satunya tempat perbelanjaan yang dilengkapi fasilitas modern. 

"Pasti saja masyarakat mengharapkan. Apalagi waktu itu, bahkan sekarang masih ada yang menyebut Limbur Raya Mall di Kotabaru. Jadi, memang lucu juga. Dilengkapi lift dan eskalator, tapi tidak difungsikan," tukasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved