Breaking News:

Berita Kotabaru

Kotabaru Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Sekda Said Akhmad : Jangan Ada Pungli Investor

Kotabaru akan ditetapkan menjadi daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Terkait itu, sekda mengingatkan instansi terkait tidak lakukan pungli

banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Sekda Kotabaru H Said Akhmad mengingatkan jajarannya untuk tidak melakukan pungli kepada investor. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru H Said Akhmad menyatakan, Kabupaten Kotabaru merupakan daerah akan ditetapkan sebagai daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Akan dijadikannya Kabupaten Kotabaru daerah KEK yang dipusatkan di Mekar Putih, Kecamatan Pulaulaut Barat, Said Akhmad mewanti-wakti instansi terkait untuk tidak melakukan upaya praktik pungutan liar (pungli) yang mencoreng nama baik Pemerintah Daerah. 

Menurut Said Akhmad, jika itu sampai terjadi. Bukan hanya pelayanan buruk bagi Pemkab Kotabaru menjadi catatan Pemerintah Pusat, bahkan penilaiam investor masuk ke Kotabaru. 

"Kalau pelayanan buruk, apalagi ada pungutan-pungutan liar orang (investor) akan lari tidak mau investasi ke daerah," ucapnya kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Pungli Rumah Nelayan, Polres Banjarbaru Tetapkan Kades dan Sekdes Ini Jadi Tersangka

Baca juga: Polisi Nyamar Bekuk Pelaku Pungli di Jalur Alternatif Atilam-Kunyit Tala

Baca juga: Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kotabaru Pimpin Rakor Satgas Saberpungli

Selain persoalan-persoalan lainnya harus diminimalisir, misal masalah lahan yang belum klir. 

Apalagi sebelumnya Pemerintah Daerah sudah menyatakan komitmen membantu investor, turun ke lapangan jika ada persoalan lahan. 

"Bila ada jajaran melakukan di bawah prosedur. Selaku pimpinan ASN siap menindak. Salah satunya praktik pungli kalau ada," terang Said Akhmad. 

Namanya praktik pungli bukan rahasia umum lagi. Maka dari itu dengan memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada investor yang akan berivestasi. 

Baca juga: Kades Tegalrejo Ditahan Kejari Kotabaru, Tarik Pungli dari Pedagang Sejak 2016

Dipastikan Said Akhmad, selain investor luar akan berlomba-lomba untuk berinvestasi ke Kabupaten Kotabaru. Tapi akan banyak dampak positif didapat di daerah. 

"Pajak dan pendapatan meningkat, semuanya kena termasuk masyarakat akan merasakan dampak positifnya," pungkas Said Akhmad.  (Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved