Breaking News:

Berita Banjarbaru

Polres Banjarbaru Amankan 14 Motor Diduga untuk Balapan, Bisa Diambil Setelah Lebaran

Petugas Polres Banjarbaru bubarkan pengendara yang diduga melakukan balapan motor di kawasan Lapangan Murjani dan Kantor Gubernur Kalsel.

HUMAS POLRES BANJARBARU
Petugas Polres Banjarbaru menemukan motor di tepi parit, diduga disembunyikan pelaku balapan, di kawasan Perkantoran Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Dharma Praja, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Sabtu (17/4/2021) sore. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tim Unit Kecil Lengkap (UKL) dan petugas piket dipimpin Kabag Ops Banjarbaru, Kompol Abdul Fatah, mengamankan warga yang diduga melakukan balapan motor di jalanan.

Tindakan itu diambil atas laporan masyarakat melalui Aplikasi Cangkal maupun media sosial. Mereka langsung  menyisir kawasan Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sekitar pukul 02.30 Wita.

"Kami kembali mendapatkan laporan dari masyarakat terkait aktivitas balap liar di bulan Ramadhan," ujar Kompol Abdul Fatah, Minggu (18/4/2021). 

Hasilnya, petugas mengamankan 14 unit kendaraan roda dua yang diduga melakukan balap liar dengan kenderaan yang tidak dilengkapi dokumen kendaraan. Masa tilang, sesudah Lebaran baru disidangkan.

Baca juga: VIDEO 18 Pembalap Liar Malam Ramadan di Banjarbaru Kalsel Dihukum Dorong Motor

Baca juga: Remaja Terlibat Balapan di Jalanan Beserta 8 Motor Diamankan Polres HSU

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso melalui Kasubbag Humas, AKP Tajudin Noor, menambahkan, petugas gabungan juga mengamankan 25 orang yang sebagian besar melanggar protokol kesehatan (prokes).

Mereka tidak hanya warga Banjarbaru, namun ada juga yang berasal dari Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. "Sebagian besar, tidak menggunakan masker," tukasnya. 

Para pengendara dijatuhi sanksi, yakni mendorong motornya hingga ke Polres Banjarbaru dan juuga dikenakan sanksi tilang.  Kemudian, 25 orang diberikan pembinaan.

Lebih lanjut, Tajudin juga menceritakan, sebelumnya saat Sabtu (17/4/2021) sore, petugas juga melakukan penyisiran di kawasan Kantor Gubernur, Jalan Dharma Praja, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Tujuannya, mengantisipasi balapan motor.

Baca juga: Ganggu Pengguna Jalan, Dewan HST Minta Aksi Balapan Liar Ditertibkan

Baca juga: Petugas Gabungan Bubarkan Balapan Liar, Belasan Anak Muda Digiring ke Mapolres Tabalong

Seperti diketahui, kawasan tersebut memang sering dan rawan aksi balapan motor. Hasil penyisiran Unit Satsabhara Polres Banjarbaru, didapati dua motor tidak dilengkapi dengan dokumen kendaraan.

Bahkan ada satu pengendara diduga sengaja menghindar dengan menyembunyikan motornya ke sungai di bawah jembatan kawasan tersebut

"Remaja ini sembunyikan motor di parit. Kami kurang tahu persis kenapa. Tapi yang jelas mereka lari setelah kami bubarkan. Mungkin menghidari supaya tidak diamankan," jelas Riyanda.

Petugas mengawasi sekelompok pengendara mendorong motornya dari kawasan Lapangan Murjani menuju polres di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (18/4/2021) dini hari.
Petugas mengawasi sekelompok pengendara mendorong motornya dari kawasan Lapangan Murjani menuju polres di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (18/4/2021) dini hari. (HERIYADI UNTUK BPOST GROUP)

Dirinya harap, tidak ada lagi aktivitas balap liar. Sebab hal tersebut mengganggu masyarakat lain dan tentunya berbahaya untuk keselamatan pengendaranya sendiri.

"Ada baiknya, lebih banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri," ucapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis/Khairil Rahim)

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved