Breaking News:

Berita Banjarmasin

Sterilisasi Gereja dari Bahan Peledak, Unit K-9 Ditsamapta Polda Kalsel Terjunkan Lana dan Brown

Sepuluh personel dan dua anjing pelacak bahan peledak Unit K-9 Ditsamapta Polda Kalsel dikerahkan mensterilisasi gereja di Banjarmasin

Unit K9 Ditsamapta Polda Kalsel untuk Bpost
Personel Unit K-9 Ditsamapta Polda Kalsel mengerahkan satwa pelacak khusus bahan peledak dalam penyisiran di dua gereja di Banjarmasin, Minggu (18/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski tak dalam momen hari besar keagamaan, namun kesiagaan dalam mencegah gangguan kamtibmas oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) tak menurun. 

Kegiatan preemtif dan preventif tetap dilakukan termasuk melalui kegiatan sterilisasi bahan peledak di sejumlah tempat Ibadah di Banjarmasin. 

Dua gereja di Banjarmasin yaitu Gereja GPDI Veteran dan Gereja Katedral menjadi lokasi dilakukannya sterilisasi oleh Unit Polisi Satwa (K-9) Ditsamapta Polda Kalsel, Minggu (18/4/2021).

Total sepuluh personel dan dua satwa khusus pelacak bahan peledak Unit K-9 Ditsamapta Polda Kalsel bernama Lana dan Brown dikerahkan dalam kegiatan ini. 

Baca juga: Sterilisasi Bandara Syamsudin Noor Hingga Klenteng, Anjing Pelacak Unit K9 Polda Kalsel Diterjunkan

Baca juga: VIDEO Personel Brimob dan Anjing Pelacak Polda Kalsel Lakukan Pemeriksaan di Gereja

Baca juga: Amankan Rapat Pleno Rekapitulasi Pilgub Kalsel 2020, Anjing Pelacak Diterjunkan Sterilisasi Lokasi

Seluruh sudut baik di area dalam maupun luar gereja-gereja ini disisir dengan seksama oleh Unit K-9 Ditsamapta Polda Kalsel

Area mimbar, area peribadatan jemaat, ruangan-ruangan sekretariat gereja hingga area parkiran pun tak luput dari penyisiran petugas.

Petugas juga menggunakan alat metal detector dalam upaya penyisiran ini. 

Direktur Samapta Polda Kalsel, Kombes Pol Pepen Supena Wijaya melalui Kanit K-9, Bripka Samosir mengatakan, dalam giat kali ini tak ditemukan ancaman kamtibmas. 

Baca juga: Ibadah Jumat Agung 2021, Sejumlah Gereja di Tapin Kalsel Diamankan Personel TNI-Polri

"Situasi gereja aman dan terkendali, tidak ditemukan adanya indikasi barang atau benda-benda yang berkaitan dengan bahan peledak," kata Bripka Samosir. 

Jemaat kata dia juga melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan baik. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved