Breaking News:

Berita HST

Sungai di Meratus Mulai Jernih, Warga Berharap Tak Ada Banjir dan Longsor Lagi

Setelah lama dalam kondisi keruh pasca banjir bandang, sungai di Meratus seperti di Desa Alat mulai berwarna jernih.

Penulis: Hanani | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/hanani
Kondisi sungai Alat di wilayah pegunungan Meratus Desa Alat Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang mulai jernih setelah lama dalam kondisi keruh pasca banjir bandang Januari 2021, Minggu (18/4/2021). 

Editor: Edi Nugroho
Berita HST

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Setelah lama dalam kondisi keruh pasca banjir bandang, sungai di Meratus seperti di Desa Alat mulai berwarna jernih.

Warga setempatpun menyambut gembira, karena selama ramadhan jarang turun hujan, sehingga kondisi air membaik, meski juga kedalamannya menyusut.

Wahyu, warga Desa Alat Seberang menyatakan, meski tak sejernih seperti sebelum banjir bandang yang membuat salah satu gunung di wilayah Pantai Mangkiling longsor, setidaknya warga bisa kembali mengunakannya untuk mandi dan mencuci dengan air lebih bersih.

“Kami berharap, tak ada banjir dan tanah longsor lagi agar air jernih seperti semula,”katanya.

Baca juga: Sawah Tertutup Lumpur, Komisi II DPRD HST Sarankan Petani Beralih ke Hortikultura2

Baca juga: Sekitar 100 Hektare Sawah di Kabupaten HST Tak Bisa Digarap Akibat Tertutup Lumpur

Baca juga: Wisata Kalsel di HST : Puncak Titian Musang Dusun Papapagaran, Ramai Dikunjungi Pasca Banjir

Ditambahkan, air sungai yang jernih menjadi daya tarik bagi wisatawan, karena selama ini sungai Alat juga dimanfaatkan untuk kegiatan River Tubing Meratus (RTM) yakni mengarungi riam sungai Alat dengan ban karet ukuran besar. Selama ini kelompok masyarakat di desa tersebut telah menggarap wisata sungai dengan kegiatan RTM yang cukup menarik perhatian wisatawan datang ke Desa Alat

Mengenai kebutuhan air bersih, Barabai Muda, relawan yang merupakan gabungan pelajar, mahasiswa dan kalangan profesi di HST Kamis kemarin tekah membuatkan sumur sebagai sumber air bersih.

“Ada tiga sumur dengan gorong-gorong kami bikin di lokasi lahan relokasi hunian sementara di Alat Seberang. Alhamdulillah airnya layak untuk diminum,”kata Misbakhul Munir dari relawan Barabai Muda, kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (18/4/2021). (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved