Breaking News:

Berita Tapin

Pemilihan BPD di 124 Desa Kabupaten Tapin Akan Dilaksanakan 3 Juni 2021

Dinas PMD Kabupaten Tapin dan aparat desa telah membentuk panitia pemilihan Badan Permusyawaratan Desa. Pelaksanaannya di 124 desa pada 3 Juni 2021.

BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE
Pleno pembentukan Panitia Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Perintis Raya, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Jumat (16/4/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, dijadwalkan pada 3 Juni 2021 yang diikuti 124 desa.

Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tapin, Tomy Arrizky, Senin (19/4/2021), mengatakan, hingga saat ini 124 desa yang dijadwalkan melaksanakan proses pemilihan memasuki tahap pembentukan panitia pengisian anggota BPD.

"Panitianya ada lima sampai sembilan orang di masing-masing desa. Terdiri dari tiga orang perangkat desa, sisanya para tokoh yang ada di desa masing-masing," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Dinas PMD Tapin juga sudah melaksanakan sosialisasi ke panitia pengisian BPD. Membahas tentang Perda, Perbup dan SE Kepala Dinas PMD tentang petunjuk teknis pengisian anggota BPD.

Baca juga: Kebakaran Kalsel di Tapin : Dua Rumah Ludes Tinggal Puing, 2 Rusak Ringan

Baca juga: Kakek Tenggelam di Sungai Tapin Desa Perintis Raya Ditemukan Tak Bernyawa

"Mulai 20 April sampai 20 Mei, diumumkan penerimaan anggota BPD dan penerimaan bakal calon anggota BPD," imbuhnya.

Sesuai jadwal yang ada, 26 Mei sampai 3 Juni pengumuman calon anggota BPD kepada masyarakat. Namun dalam kurun waktu itu, ada tahapan lain.

Seperti, menyusun daftar pemilih 20 April sampai 30 April, pemuktahiran DPA jadi daftar pemilih sementara 26 April sampai 5 Mei, dilanjut mengumumkan daftar pemilih sementara kepada masyarakat dari 6 Mei sampai 10 Mei.

Tidak hanya itu, selama masa pengumuman, panitia akan menyusun daftar pemilih tambahan sementara, dilanjutkan dengan mengumumkan kepada masyarakat dari 11 Mei sampai 15 Mei.

Baca juga: P2LPI Kabupaten Tapin Bagikan Ratusan Takjil Sasar Tukang Becak

Baca juga: Gabungan Organisasi Wanita Tapin Bantu Pondok Pesantren Budi Akhlaqul

"Kami juga ada pleno menetapkan DPT dan penetapan jumlah TPS, jadwalnya 16 Mei sampai 22 Mei," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved