Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Selesai Dicetak, Surat Suara PSU Pilkada Banjarmasin Dijemput Langsung KPU Banjarmasin

Surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 selesai dicetak dan dijemput langsung KPU Banjarmasin

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 selesai dicetak.

Bahkan surat suara yang akan digunakan pada PSU yang dilaksanakan Rabu (28/4/2021) tersebut siap dibawa ke Banjarmasin.

Surat suara PSU ini sendiri dicetak di Semarang sejak beberapa hari lalu, dan kini sudah dalam proses packing hingga siap diangkut menuju Banjarmasin.

Menariknya surat suara ini pun akan dibawa langsung oleh penyelenggara Pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin.

Baca juga: PSU Pilkada Banjarmasin 2020 di Tiga Kelurahan Tanpa Kampanye

Baca juga: Pilkada Banjarmasin PSU, Dua Paslon Isyaratkan Beri Dukungan Kepada Salah Satu Paslon

Baca juga: Bawaslu Kalsel Lanjutkan Laporan Warga Atas Dugaan Pelanggaran Administrasi PSU oleh Paslon 02

Pasalnya diketahui sejak dua hari yang lalu, KPU Banjarmasin sudah bertolak ke Semarang untuk mengawal surat suara tersebut.

"Surat suara sudah menuju Bandara Ahmad Yani Semarang, persiapan untuk dibawa menuju ke Banjarmasin. Diupayakan kita pun akan satu pesawat dengan surat suara ini. Rencana besok akan dibawa menuju Banjarmasin," ujar Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar saat dihubungi hari ini Senin (19/4/2021) siang.

Dibeberkan oleh Akbar, tidak hanya KPU Banjarmasin saja yang turut mengawal surat suara untuk PSU Pilkada Banjarmasin tersebut.

"Ada dari Bawaslu Banjarmasin dan dari kepolisian juga yang ikut mengawal," jelasnya.

Disinggung mengenai alasan dilakukan penjemputan langsung surat suara tersebut, Akbar menerangkan karena memang salah satu logistik yang paling penting.

"Dan dengan menjemput serta mengawal langsung, maka akan menghemat waktu. Apalagi waktu PSU sudah sangat dekat," katanya.

Baca juga: KPU Banjarmasin Tegaskan Sosialisasi PSU Tugas Penyelenggara, Bukan Tugas Paslon

Disinggung mengenai jumlah surat suara PSU yang akan dicetak, Akbar menerangkan disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan melakukan PSU yakni 29.056.

"Yang dicetak sesuai DPT dan ditambah dengan 2,5 persen, sehingga jumlahnya sekitar 30 ribuan," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved