Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Pemko Siapkan Doorprize Bagi Pemilih saat PSU Pilkada Banjarmasin, Tersedia di 80 TPS

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berencana menyiapkan doorprize untuk warga yang menyalurkan hak suaranya pada PSU Pilkada Banjarmasin

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
KPU Banjarmasin sedang melakukan sosialisasi kepada warga terkait akan dilaksanakannya PSU, Selasa (20/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga atau masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 berpeluang membawa pulang hadiah.

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berencana menyiapkan doorprize untuk warga yang menyalurkan hak suaranya pada PSU yang akan dilaksanakan Rabu (28/4/2021).

Hal ini pun dibeberkan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Banjarmasin, M Kasman kepada awak media, hari ini Selasa (20/4/2021).

"Ya, rencananya Pemko Banjarmasin dan KPU Banjarmasin akan memberikan doorprize bagi pemilih yang datang saat PSU nanti," ujar Kasman usai melakukan pertemuan sosialisasi dengan seluruh Ketua RT di wilayah PSU.

Baca juga: Selesai Dicetak, Surat Suara PSU Pilkada Banjarmasin Dijemput Langsung KPU Banjarmasin

Baca juga: Pelaksanaan PSU Makin Dekat, Paslon AnandaMu Dilaporkan Lagi ke Bawaslu Banjarmasin

Baca juga: KPU Banjarmasin Tegaskan Sosialisasi PSU Tugas Penyelenggara, Bukan Tugas Paslon

PSU sendiri akan dilakukan di 80 TPS dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 29.056. Dan Kasman menerangkan bahwa doorprize pun akan disiapkan di seluruh TPS.

"Setiap TPS akan ada doorprize, minimal satu TPS ada tiga doorprize nya. Dan akan kita lihat juga nanti anggarannya," jelas seraya mengatakan hadiah di antaranya bisa berupa kompor gas dan sebagainya.

Mengenai teknis doorprize nantinya, Kasman menerangkan bisa dilakukan dengan memberikan nomor undian kepada pemilih yang datang ke TPS kemudian dilakukan pengundian.

Disinggung mengenai alasan menyiapkan doorprize saat PSU nanti, Kasman mengatakan untuk mendorong masyarakat menggunakan hak suaranya.

"Kita menghimbau masyarakat untuk beramai-ramai mendatangi TPS dan menggunakan hak suaranya saat PSU nanti," jelasnya.

Dorongan dari Pemko Banjarmasin agar masyarakat beramai-ramai menyalurkan hak suaranya pada PSU nanti ini sendiri sangatlah beralasan. Pasalnya jumlah partisipasi masyarakat di tiga kelurahan yang melaksanakan PSU ini masih jauh dari harapan.

Baca juga: Amankan PSU Pilkada Kalsel 2020, Polda Kalsel Alokasikan Dua Personel di Tiap TPS

Berdasarkan data dari KPU Banjarmasin jumlah DPT di Kelurahan Mantuil sebanyak 9.887 namun yang menggunakan hak suaranya 5.897 atau hanya sebesar 45 persen, kemudian jumlah DPT di Kelurahan Murung Raya sebanyak 8.565 dan yang menggunakan hak suaranya hanya 4.859 atau 52,90 persen.

Sedangkan di Kelurahan Basirih Selatan jumlah DPT sebanyak 10.604 dan yang menggunakan hak suaranya 5.369 atau hanya 56,57 persen saja.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved