Breaking News:

Berita Nasional

Tak Cantumkan Nama Pendiri NU KH Hasyim Asy’ari, Buku Kamus Sejarah Indonesia Ditarik

Buku Kamus Sejarah Indonesia yang menjadi kontroversi karena tidak mencantumkan tokoh pendiri NU KH Hasyim Asy’ari kini sudah ditarik dari website.

nu.or.id
Kamus Sejarah Indonesia Kemendikbud.Tak Cantumkan Nama Pendiri NU KH Hasyim Asy’ari, Buku Kamus Sejarah Indonesia Ditarik 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID - Buku Kamus Sejarah Indonesia yang menjadi kontroversi karena tidak mencantumkan tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari kini sudah ditarik dari website.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid.

Menurut Hilmar, penarikan dilakukan sebagai upaya memperbaiki kekeliruan yang telah terjadi.

“Bahwa sudah ditarik dari website-nya Rumah Belajar itu, jadi sudah diturunkan,” kata Hilmar dalam konferensi pers, Selasa (20/4/2021).

Hilmar juga menegaskan tidak ada unsur kesengajaan.

Kealpaan di kamus itu terjadi semata akibat unsur teknis saat proses penyusunan. Hilmar pun meminta maaf atas kesalahan tersebut.

Baca juga: JADWAL Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah Banjarmasin Hari ke-9 Ramadhan 1442 H atau 21 April 2021

Baca juga: KPK Soroti Pengadaan Barang Jasa, Pemprov Kalsel Diminta Tambah Pejabat Fungsional

“Dan memang ada kesalahan teknis dalam penyusunan, dan kami tentu memohon maaf ya, karena ini adalah kesalahan yang sebetulnya tidak perlu terjadi, buku yang belum siap diedarkan sudah di-upload ke website,” tegasnya.

Lebih lanjut Hilmar juga menarik semua peredaran terkait buku sejarah modern hingga buku tersebut mendapat mendapat peninjauan ulang atau review.

Hilmar berharap kejadian yang sama tidak Kembali terulang.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid saat ditemui dalam diskusi bertajuk Indonesiana, Platform Kebudayaan di Jakarta, Kamis (5/12/2019).
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid saat ditemui dalam diskusi bertajuk Indonesiana, Platform Kebudayaan di Jakarta, Kamis (5/12/2019). (KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA)
Halaman
123
Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved