Breaking News:

Berita Tapin

Tujuh Kelompok Tani di Tapin Akan Terima Aliran Dana Alokasi Khusus, Segini Besaran Dananya

Tujuh kelompok tani di Tapin bakal mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK). Rencananya, Dinas Pertanian Tapin menyerahkan DAK ini Mei

banjarmasinpost.co.id/stanislaus Sene
Salah satu hasil pertanian di Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin milik seorang anggota TNI Kodim 1010 Rantau. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, pada Mei mendatang merencanakan menyerahkan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang ditujukan kepada tujuh kelompok tani.

Dana Alokasi Khusus (DAK) yang akan digelontorkan ini ditujukan untuk membangun infrastruktur penunjang produktifitas sekaligus peningkatan perekonomian ratusan petani di masa pandemi COVID-19 ini.

Kepala Dinas Pertanian Tapin, Wagimin saat ditemui Banjarmasinpost.co.id mengatakan saat ini masih dalam proses perancangan bersama konsultan. Sedangkan ketujuh kelompok tani tersebut akan langsung ditetapkan oleh Bupati Tapin. 

"Spesifikasi penyaluran DAK ini yakni untuk pembuatan jalan produksi perkebunan yang direncanakan ada lima unit di wilayah Kecamatan Salam Babaris," ungkapnya.

Baca juga: Pulihkan Perekonomian Masyarakat, Disperkim Tapin Laksanakan Padat Karya, Serap 181 Pekerja

Baca juga: Hidup dari Kerajinan Pernak-pernik, Difabel Tapin Ini Mengeluh Sepi Pembeli

Wagimin mengatakan pembuatan jalan produksi perkebunan akan menyerap anggaran sebesar Rp 1,640 Miliar.  Sedangkan untuk pembuatan embung persawahan sebanyak satu unit di wilayah Kecamatan Tapin Selatan dengan anggaran  Rp 114 Juta.

"Selain itu, ada juga pembuatan dam satu unit di wilayah Kecamatan Bungur dengan anggaran  Rp 114 Juta. Jadi total anggaran dalam program padat karya di Dinas Pertanian sebanyak Rp. 1,967 Miliar", jelasnya.

Ia mengatakan setelah selesai perancangan dan penetapan dana maka selanjutnya akan diserahkan langsung kepada masing-masing kelompok tani di desa yang dipilih untuk melaksanakan pembangunan tersebut.

"Satu kelompok tani diperkirakan antara 25 sampai 30 orang. Sehingga kita berharap dengan adanya program padat karya ini dapat membantu perputaran roda perekonomian masyarakat di pedesaan," jelasnya.

Ia mengatakan sedangkan untuk memastikan apakah program ini berjalan atau tidak, pihaknya akan intens melaksanakan pengawasan dan monitoring. 

"Khusus pembuatan jalan di lima titik yang ada di wilayah Kecamatan Salam Babaris ditargetkan sampai 6 kilometer," lanjutnya.

Baca juga: Gabungan Organisasi Wanita Tapin Bantu Pondok Pesantren Budi Akhlaqul

Ia menambahkan DAK untuk program padat karya ini langsung dari kementerian. 

"Saya berharap program ini selain untuk meningkatkan perekonomian petanj juga ke depan dapat meningkatkan produktifitas petani," jelasnya.

Ia juga berharap semoga program ini lancar, berjalan dengan baik dan tepat sasaran sebagaimana yang diharapkan," harapnya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved