Breaking News:

BTALK

Bincang BTALK, Pakar Sebut Faktor Gaya Hidup Picu Penyakit Jantung Koroner

Solikin NS MKep SpKEB MB, Dekan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, UMB mengungkap sejumlah faktor pemicu penyakit jantung koroner

Penulis: Salmah | Editor: Hari Widodo
Dok BPost
BTalk jantung koroner. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penyakit jantung koroner ternyata pemicunya sebagian besar karena gaya hidup kita yang salah. Dan kesalahan itu hampir setiap hari kita lakukan. Lantas, apa sajakah itu? 

Pada B-Talk edisi Selasa (20/4/2021) sore faktor risiko jantung koroner dibahas narasumber Solikin NS MKep SpKEB MB, Dekan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. 

Pada acara dipandu M Risman, Jurnalis BPost tersebut, dijelaskan oleh Solikin bahwa faktor risiko itu ada yang tidak dapat DIrubah dan ada yang dapat dirubah. 

"Faktor risiko yang tidak dapat dirubah itu adalah usia. Saat usia 36 tahun ke atas  fleksibilitas pembuluh darah dan anatomi organ vital sudah mulai menurun," jelas Solikin. 

Baca juga: BREAKING NEWS : Lihan Meninggal di Lapas Banjarbaru, Alami Pembengkakan Jantung dan Asma 

Baca juga: KIAT Puasa Aman Bagi Penderita Penyakit Jantung Saat Ramadhan 2021

Baca juga: RSUD Ulin Banjarmasin Segera Melayani Bedah Jantung Terbuka untuk Warga Kalselteng

Sedangkan faktor risiko yang dapat diubah terkait gaya hidup seperti merokok, hipertensi, kegemukan dan peningkatan kolesterol akibat konsumsi makanan berlemak jenuh (gorengan berulang). 

"Makanan junk food, fast food, sea food adalah indikator faktor risiko karena seringkali menggunakan minyak goreng berulang sehingga menjadi minyak jelantah," ungkap Solikin. 

Minyak goreng dari kelapa masih bisa dua kali dipakai. Sedangkan minyak goreng dari Kelapa sawit hanya bisa sekali dipakai. 

Jika lebih dari syarat pemakaian tadi maka berubah dari HDL yaitu minyak sehat atau tak jenuh menjadi LDL yaitu minyak tidak sehat atau minyak jenuh. 

Baca juga: Madu Hitam Pahit, Mahal tapi Berkhasiat Sembuhkan Gangguan Lambung dan Jantung

"Makanan sehat itu sebenarnya yang direbus," tukas Solikin. 

Acara Btalk ini rekamannya juga bisa disaksikan di kanal Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online.

Berikut tayangan BTalk BPost Kenali penyakit Jantung Koroner di Usia Muda :

 (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved