Breaking News:

Kuliner Kalsel

Kuliner Kalsel, Nasi Bekepor Makanan Para Raja Hadir di D'Lotus Restoran Mercure Banjarmasin

Kuliner satu ini makanan bergengsi di zamannya, khususnya zaman kerajaan, karena dulunya disajikan khusus di kalangan istana dan menjadi hidangan para

Foto salmah saurin
kuliner Kalsel, Nasi bekepor asal Kalimantan ini salah satu sajian yang ditawarkan di Mercure, pas juga sebagai teman berbuka puasa 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Kuliner Kalsel, Kuliner satu ini makanan bergengsi di zamannya, khususnya zaman kerajaan, karena dulunya disajikan khusus di kalangan istana dan menjadi hidangan para raja.

Ya, nasi bekepor. Semacam nasi liwet dengan aneka lauk pauk yang disajikan di nampan. Sajian ini warisan dari era kerajaan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Nasi bekepor bisa Anda nikmati di D'Lotus Restoran Hotel Mercure Banjarmasin. Anda akan rasakan bagaimana kelezatan kuliner lokal satu ini yang belum ada di daftar menu restoran lain.

Disampaikan Gusti Aulia,bExecutive Secretary & Public Relation di Mercure Banjarmasin, nasi bekepor adalah sajian otentik lokal dari Kutai Kertanegara yang dulunya merupakan makanan para raja, sehingga memasaknya pun ada cara tersendiri.

Baca juga: Kuliner Kalsel, Dilatih Sajikan untuk Wisatawan, Warga Papagaran HST Tampilkan Lauk Bapalan

Baca juga: Kuliner Kalsel, Di Rumah Makan Warten Artomoro Tetap Anjurkan Membungkus Lebih Baik

"Dimasak dengan alat masak perak, kemudian saat proses memasak dibacakan shalawat nabi tiga kali sambil membayangkan orang dan menyebut nama orang yang ingin dijumpai saat itu, begitu sejarahnya," jelasnya saat Buka Puasa Keliling Nusantara bersama Media digelar Hotel Mercure Banjarmasin, Selasa (20/4) malam.

Salah satu keotentikan makanan ini yaitu lauk utamanya adalah ikan haruan atau gabus khas Kalimantan yang digoreng satu ekor dan disajikan dengan posisi ditancapkan.

Lebih lanjut dijelaskan Friendy Ignatius Rares
Executive Asst Manager Mercure, banyak kekayaan kuliner nusantara yang belum dikenal luas secara nasional. Sebab itu manajemen Accor menghadirkan di grup hotelnya dengan tema cita rasa nusantara .

"Cita rasa nusantara menyajikan tujuh macam masakan dari berbagai daerah antara lain Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua," paparnya.

Promo cita rasa nusantara ini dihadirkan pada 13 April sampai 12 Mei 2021. Mumpung masih ada kesempatan, silakan Anda nikmati kuliner tersebut di D'Lotus Restoran Hotel Mercure Banjarmasin. (banjarmasin post.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved