Breaking News:

Berita Palangkaraya

Polwan Kalteng Ikut Andil Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Peringaan Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 Mei yang jatuh pada hari ini, dalam setiap tahunnya diperingati oleh kaum hawa. Jika biasany

Foto istimewa Polda Kalteng
Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi saat mengikuti kegiatan pemdaman kebakaran lahan di Palangkaraya. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA- Peringatan Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 Mei yang jatuh pada hari ini, dalam setiap tahunnya diperingati oleh kaum hawa. Jika biasanya, kegiatan seremonial dilakukan memakai pakaian kebaya dengan mengadakan lomba membuat kue.

Perayaan Hari Kartini dalam masa pandemi Covid-19 tahun 2021 tidak dirayakan secara seremonial seperti tahun-tahun sebelumnya, Wakapolda Kalteng, bersama Wakil Wali Kota Palangkaraya merefleksikannya melalui pertemuan virtual.

Peran Polisi Wanita (Polwan) dalam satuan Polri dewasa ini menjadi topik dalam pembahasan untuk refleksi peringatan Hari Kartini tahun 2021 ini. Sejumlah peran penting turut diduduki oleh Polwan atas kiprah dan prestasinya dalam ikut andil menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Polwan yang memiliki sifat humanis mempunyai peran penting dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas agar tetap kondusifitas khsusnya di Kalimantan Tengah," ujar Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi saat melakukan virtual zoom meeting.

Baca juga: VIRAL Gadis Nakal Jadi Polwan, Briptu Tivany Agustin: Aku Sudah Kasihan Lihat Mama yang Berjuang

Baca juga: Penggerebekan Oknum Polwan Selingkuh Jadi Viral, Kini Ditangani Polda Jateng

Baca juga: VIDEO Polwan Polda Kalteng Ini Ingatkan Warga Palangkaraya Taat Prokes di Berbagai Kegiatan

Orang nomor dua di Polda Kalteng tersebut, menjadi salah satu contoh suksesnya kiprah Polwan di satuan Polri. Menjadi Wakapolda wanita pertama di Bumi Tambun Bungai, Ida Oetari meruntuhkan mindset jika Polwan hanya menjadi pemanis dalam setiap pelayanan publik Polri kepada masyarakat.

Ida Oetari mengungkapkan seiring berkembangnya zaman peran Polwan terus berkembang dan tidak hanya menangani kasus kejahatan terhadap anak maupun wanita. Kini peran Polwan bahkan masuk di berbagai tugas polisi pria.

"Dalam perjalanannya, Polwan di kepolisian menghadapi banyak kendala, seperti dianggap sebagai pemanis atau pelangkap saja. Namun belakangan, banyak Polwan yang prestasinya terbukti sangat luar biasa melalui kompetensi yang benar-benar memadai," ujarnya.

Wakapolda menambahkan, selain memiliki prestasi di lapangan yang diakui secara professional, Polwan juga memiliki pemikiran yang cemerlang dan tidak sedikit yang berhasil memecahkan masalah yang kadang sulit diatasi oleh polisi pria. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved