Breaking News:

Berita HST

Tegakkan Protokol Kesehatan, Aparat Gabungan di HST Razia Dua Kali Sehari, Ini Sasarannya  

Dalam rangka penegakkan Perbup HST Nomor 34 tahun 2020 tentang Penegakkan Protokol Kesehatan, aparat gabungan terdiri Satbinmas Polres HST

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Pendim Kodim 1002 Barabai untuk BPost
Kegiatan Operasi Yustisi malam hari di Kota Barabai oleh tim gabungan TNI/POlri dan Satpol PP, Senin malam 19 April 2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Dalam rangka penegakkan Perbup HST Nomor 34 tahun 2020 tentang Penegakkan Protokol Kesehatan, aparat gabungan terdiri Satbinmas Polres HST, Pasiops Kodim 1002 Barabai serra Satpol PP Pemkab HST melaksanakan razia.

Kegiatan tersebut juga menyusul kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)

Kepala Satuan Binmas Polres HST AKP Budiyono, kepada banjarmasinpost.coid, Rabu (21/4/2021) menjelaskan, kegiatan razia prokes dilaksanakan dua kali dalam sehari setiap hari, yaitu pagi dan malam hari, usai salah tarawih.

“Sasarannya, selain café dan restoran juga di ruang terbuka hijau seperti di lapangan Dwiwarna, untuk memantau apakah ada kerumunan serta masyarakat yang taak prokes seperti takpakai masker,”katanya.

Baca juga: Awasi Protokol Kesehatan Saat Ramadhan 2021, Satgas Covid-19 Banjarmasin Minta Masjid Bentuk Satgas

Baca juga: Satgas Covid-19 Tabalong Imbau Masyarakat Tingkatkan Protokol Kesehatan Selama Ramadhan

Diakui masih ada sebagian warga tak mematuhi prokes, seperti tak pakai masker. Untuk itu, diberikan teguran secara lisan dan sanksi berupa tindakan pembinaan oleh Satpol PP.

DIjelaskan, operasi gabungan dalam rangka terus mengingatkan dan menyadarkan masyarakat pentingnya menaati prokes, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Razia prokes dilaksanakan secara mobile. Mengenai disiplin pengunjung maupun pengelola  café, menurut Bidiyono, sejauh ini sudah meerapkan prokes.

Khususnya dalam penyediaan fasilitas seperti kran tempat cuci tangan, hand sanitizer, jarak tempat duduk dan lainnya. Jam operasional pun lebih singkat dibanding di luar Ramadan.

Sementara, Plh Pasiopsdim 1002/Barabai Kapten Inf Andi Tiro mengatakan, TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten HST melalui Satpol PP terus melakukan operasi penertiban prokes.

“Dalam pelaksanaannya, kami terus mengibau masyarakat tentang pentingnya pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak anta individu serta menghindari  kerumunan. Pelangarnya diberi teguran lisan,”katanya.

Baca juga: Mengaku Buru-buru, Warga Tak Pakai Masker Terjaring Operasi Yustisi Aparat Gabungan Kelua Tabalong

Terkait perkembangan covid-19 di HST, secara akumulasi julah orang positif hingga Rabu ini ada 995 orang, dalam perawatan 34 orang , sembuh 884 orang dan meninggal dunia  77 orang, setelah ada penambahan beberapa hari lalu 2 orang.

Sedangkan, warga yang suspek atau diduga terinveksi covid 19 ada 26 orang.  (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved