Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Sidang Perdana Korupsi Pengadaan Kursi di Tanahbumbu

Kasus dugaan korupsi pengadaan kursi tunggu dan rapat di Pemkab Tanbu mulai disidangkan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terdakwa kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan kursi rapat dan kursi tunggu di Kecamatan, Kelurahan, Desa dan Puskesmas di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Akbar Fadli menjalani sidang perdana, Rabu (21/4/2021).

Sidang digelar di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Jalan Pramuka, Kota Banjarmasin dan dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Jamser Simanjuntak.

Akbar Fadli yang mengenakan peci hitam dan baju tahanan Lapas Kelas II A Banjarmasin hadir secara virtual melalui sambungan Aplikasi Zoom. 

Dalam persidangan perdana ini, Akbar Fadli juga didampingi kuasa hukumnya, Syafruddin Laupe yang hadir secara langsung di ruang sidang. 

Pada sidang perdana ini, Jaksa Penuntut Umum, Wendra Setiawan membacakan dakwaannya.

Wendra yang juga merupakan Kasi Pidsus Kejari Tanbu ini mendakwa Akbar Fadli melakukan tindak pidana seperti yang diatur dalam Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Dibeberkan Wendra dalam dakwaannya, apa yang diduga dilakukan terdakwa melaksanakan dan mengkoordinasikan pengadaan kursi rapat dan kursi tunggu tidak tepat. 

Karena terdakwa yang saat itu berstatus pegawai tidak tetap di Pemkab Tanbu bukan merupakan pejabat pembuat komitmen sehingga tidak memiliki kewenangan tersebut. 

"Terdakwa seakan-akan menjalani fungsi sebagai pejabat pembuat komitmen dengan membuat dan menyusun dokumen kontrak sebagai pejabat pelaksana teknis kegiatan dengan melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan pengadaan baik di kecamatan, kelurahan puskesmas dan desa," kata Jaksa. 

Menurut Jaksa Penuntut Umum, ada kerugian negara yang ditimbulkan dari dugaan tindak pidana korupsi tersebut yang nilainya mencapai lebih dari Rp 1,8 miliar. 

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved