Breaking News:

Berita Kalteng

Datangi Desa Lamunti, Dinkes Kapuas Sebut Diduga Keracunan dari Makanan Buka Bersama

Dinkes Kapuas, mendatangi lokasi keracunan makanan di Desa Lamunti. Diduga, keracunan makanan berasal dari makanan yang disajikan saat berbuka puasa

Dinkes Kapuas untuk BPost
Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas saat meninjau warga yang sempat dirawat di puskesmas desa setempat karena alami gejala keracunan makanan, Selasa (20/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas telah ambil langkah terkait kejadian belasan warga Desa Lamunti, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, yang alami gejala keracunan makanan.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas, dr Tri Setyautami, mengatakan pihaknya sudah melakukan kunjungan ke lokasi.

Hasil kunjungan, diduga keracunan itu dari makanan untuk buka puasa bersama.

Dimana seperti biasanya disediakan makanan dengan digilir diantara warga. Selama ini aman, namun saat 20 April 2021 lalu, ada timbul gejala keracunan.

Baca juga: Usai Buka Puasa Bersama, Belasan Warga Lamunti Kapuas Kalteng Alami Gejala Keracunan Makanan

Baca juga: Keracunan Makanan di Lamunti Kapuas Kalteng, Ini Santapan Saat Berbuka Puasa Bersama

"Kira-kira malam harinya sekitar pukul 22.00 WIB setelah makan makanan buka puasa, mulai ada warga yang bergejala seperti mual, muntah, nyeri perut, diare dan  pusing, sehingga warga yang sakit datang ke Puskesmas Lamunti untuk mendapat penanganan medis," jelas dr Tri, Kamis (22/4/2021).

Kemudian lanjutnya, pada 21 April 2020 beberapa pasien sudah mulai membaik dan berangsur-angsur sudah bisa pulang dari Puskesmas Lamunti.

dr Tri menambahkan Pemkab Kapuas melalui Dinas Kesehatan sudah melaksanakan langkah-langkah seperti membantu menyerahkan obat-obatan, membantu pelayanan kesehatan.

"Juga melakukan penyelidikan epidemiologi serta mengambil sampel makanan untuk mengirim ke laboratorium rujukan guna menindak lanjuti peristiwa keracunan tersebut," jelasnya.

Diketahui, belasan warga Desa Lamunti, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), yang sebelumnya harus mendapat perawatan medis karena diduga keracunan makanan, kini sudah membaik.

Kabar terbaru, Kamis (22/4/2021), warga yang sempat dirawat di puskesmas desa setempat, semua sudah diperbolehkan pulang.

Halaman
123
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved