Breaking News:

KalselPedia

KalselPedia - Kegiatan di Perpustakaan Laskar Pelang Mahela Kabupaten HST

Perpustakaan Laskar Pelangi di Desa Mahela Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten HST, yaitu Belajar Bahasa Inggris dasar, mendongeng, origami.

BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Belajar Bahasa Inggris dasar, mendongeng, origami, di antara berbagai kegiatan yang diadakan di Perpustakaan Laskar Pelangi adalah salah satu perpustakaan di Desa Mahela, Kecamatan Batangalai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI -  Perpustakaan Laskar Pelangi menjadi taman bacaan atau tempat membaca.

Fasilitas ini terdapat di Desa Mahela, Kecamatan Batangalai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan.

Ada juga, pengelolanya membuat program belajar bersama. Materinya, pelajaran Bahasa Inggris dasar untuk anak-anak dan serta mendengarkan dongeng dan kegiatan bercerita.

Orang yang melaksanakan semua itu adalah Norhanifah, pengelola Perpustakaan Laskar Pelangi Mahela Kabupaten HST.

Baca juga: KalselPedia - 1.185 Judul Buku di Perpustakaan Laskar Pelangi Desa Mahela Kabupaten HST

Program belajar dan mengajar inisiatif Norhanifah yang juga sarjana di bidang teknologi dan informatika kelahiran desa setempat.

Menurut Norhanifah, tiap Senin, dirinya mengajari anak-anak di desa itu keterampilan origami atau seni melipat kertas dengan bentuk burung, kupu-kupu, kapal pesawat dan lain-lain. 

Sedangkan Bahasa Inggris dasar, diberikannya tiap Selasa.

Kemudian, saat Rabu, seni peran atau bercerita, yaitu anak-anak memerankan tokoh yang ada dalam buku dongeng, diajak bermain sesuai karakter tokoh yang diperankan. Tujuannya, melatih mereka mengeskpresikan diri. 

Baca juga: Kunjungi MTs Laskar Pelangi di HST, Gusti Rusdi Effendi Minta Sekolah Tanami Bunga

Selama Ramadan, juga diselipkan pelajaran membaca huruf hijaiah atau huruf Arab.

Pemerintah desa melalui para pengelola perpustakaan Laskar Perlangi Mahela Kabupaten HST ini berharap, melalui semua kegiatan itu, anak-anak desa menemukan cita-citanya dan berani bermimpi, serta punya semangat untuk menggapai cita-cita tersebut sebagaimana digambarkan di Film Laskar Pelangi.

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved