Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pembenahan Sekumpul, Anggota DPRD Kalsel Ini Minta Pelaksana Bertemu ke Anak Guru Sekumpul

Anggota DPRD Kalsel H Gusti Abidinsyah meminta tim pelaksana pembenahan sekumpul bertemu dengan anak Guru Sekumpul

Dinas PUPR Banjar untuk BPost
Desain pintu gerbang Sekumpul, Martapura. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pembenahan Kawasan Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar terus dikejar untuk pelaksanaanya.

Namun, anggota komisi tiga DPRD Kalsel, H Gusti Abidinsyah meminta tim menemui anak Guru Sekumpul untuk berkonsultasi terkait pengerjaan pembenahan sekumpul.

Abidin mengatakan, pembenahan wisata religi Sekumpul adalah hal luar biasa yang memang harus dilakukan demi kenyamanan peziarah dan warga Sekumpul.

Ia pun mengaku mendukung upaya pembenahan tersebut. Namun Abidin tak menampik adanya isu-isu yang menyatakan beberapa hal yang tidak sesuai dengan desain pengerjaan kawasan sekumpul.

Baca juga: Kawasan Sekumpul Martapura Ditata Pemerintah Pusat, Bupati Banjar Ucapkan Terima Kasih

Baca juga: VIDEO Hujan Sebentar, Jalan Raya Sekumpul Martapura Tergenang

Baca juga: Penataan Kawasan Sekumpul Dikerjakan Tahun Ini, Bupati Banjar Mohon Dukungan Warga

"Apalagi ada isu-isu juga terkait pembenahan Sekumpul, jadi minimal pak Bupati atau yang terkait agar sowan lah minta pandangan kepada anak Guru Sekumpul seperti apa pengerjaan nanti,"katanya, Kamis (22/4/2021).

Menurutnya, meski kawasan Sekumpul adalah milik orang banyak, dan pemerintah berhak untuk melakukan pembenahan. Namun, yang menjadikan Sekumpul menjadi wisata religi karena adanya kubah  Makam KH Muhammad Zaini Ghani bin Abdul Ghani  atau Guru Sekumpul.

"Pemilik kubah Guru Sekumpul dan kini diwariskan kepada anak Guru Sekumpul,"ungkapnya.

Sudah selayaknya, tegas Abidin, jika sebelum dilakukan pengerjaan fisik pemerintah berkonsultasi terlebih dahulu dengan pewaris Kubah Guru Sekumpul.

"Memang saya mendengar sudah ada bertemu dengan keluarga Abah Guru Sekumpul, tapi belum ketemu dengan anak beliau, sementara pewarisnya adalah anak Abah Guru," jelas anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dapil Kabupaten Banjar ini.

Sementara Kepala Balai Prasarana Wilayah Pemukiman Wilayah Kalsel, Dardjat Widjunarso saat dikonfirmasi mempertanyakan silaturahmi dengan anak guru Sekumpul.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved