Breaking News:

Ramadhan 2021

Hindari Klaster Baru, MUI Serukan Shalat Idul Fitri 2021 Dilaksanakan di Rumah

Sekjen MUI Amirsyah Tambunan mengatakan, shalat Idul Fitri di saat pandemi Covid-19 sebaiknya dilakukan di rumah bersama keluarga.

Kompas.com
Warga di Kampung Nelayan Nambangan menunaikan Shalat Idul Fitri 1440 H di Masjid Al Mabrur Nambangan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/6/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Walaupun untuk masalah ibadah Ramadhan sudah diberikan kelonggaran dan jauh berbeda dengan tahun lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) tetap memberikan saran untuk Salat Idul Fitri 2021 di rumah saja.

Dasar pertimbangan, menghindari kerumunan semaksimal mungkin mengingat pandemi masih terjadi.

Penyebaran virus Covid-19 yang masih belum terkendali menjadi pertimbangan MUI menyerukan untuk Salat Id 1442 H di rumah.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan, shalat Idul Fitri di saat pandemi Covid-19 sebaiknya dilakukan di rumah bersama keluarga.

Baca juga: Besok Masuk 11 Ramadhan 1442 H, Berikut Ini Bacaan Doa 10 Hari Kedua Ramadhan 2021

Baca juga: Simak Amalan di Malam 17 Ramadhan 2021, Berikut Penjelasan Nuzulul Quran Versi Abdul Somad

Sebab, shalat Idul Fitri akan menimbulkan kerumunan kelompok sehingga rentan terjadi penularan virus corona.

"Shalat Idul Fitri ini karena akan menimbulkan kerumunan, karena akan menimbulkan kelompok harus kita lebih utamakan keselamatan, supaya tidak menimbulkan penularan klaster baru baru," kata Amirsyah dalam konferensi pers secara virtual di kanal YouTube BNPB, Jumat (23/4/2021).

Amirsyah juga mengatakan, silahturahim selama Lebaran bisa dilakukan secara virtual tanpa harus bertemu langsung dengan anggota keluarga.

Ratusan jamaah islam aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah merayakan idul fitri, Senin (25/5/2020) pagi.
Ratusan jamaah islam aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah merayakan idul fitri, Senin (25/5/2020) pagi. (KOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMI)

"Ini akan lebih meningkatkan suasana yang hangat di tengah-tengah keluarga, dan terhindar dari kerumunan di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Amirsyah mengatakan, Ramadhan tahun ini harus dijadikan momentum untuk menurunkan penyebaran Covid-19. 

Ia mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di India merupakan pelajaran yang harus diambil hikmahnya oleh Indonesia.

"Dan pemerintah harus terus melakukan peningkatan intensitas vaksinasi sehingga cakupan vaksinasi yang 70 persen bisa kita capai," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MUI: Shalat Idul Fitri Sebaiknya di Rumah "

Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved