Breaking News:

Ramadhan 2021

Jumat Kedua Ramadhan 2021, Ini Niat dan Tata Cara Pelaksanaan Shalat Jumat

Hari ini 23 April 2021 menjadi Jumat kedua di Ramadhan 1442 H. Khususnya pria akan menjalankan ibadah sholat Jumat di Ramadhan 2021.

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Suasana Sholat Jumat Berjamaah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hari ini 23 April 2021 menjadi Jumat kedua di Ramadhan 1442 H .

Seperti biasa umat muslim, khususnya pria akan menjalankan ibadah sholat Jumat di Ramadhan 2021.

Momen Sholat Jumat perdana menjadi lebih istimewa dan tantangan bagi umat muslim tetap semangat beribadah walau sedang menjalankan puasa Ramadhan 1442 H.

Apalagi, tidak diperbolehkan bagi seorang muslim meninggalkan Sholat Jumat tanpa adanya uzur syar’i.

Baca juga: JADWAL Imsyak dan Azan Subuh Hari Kesebelas Ramadhan 2021, Wilayah Bandung dan Sekitarnya

Baca juga: Besok Masuk 11 Ramadhan 1442 H, Berikut Ini Bacaan Doa 10 Hari Kedua Ramadhan 2021

Adapun hukum melaksanakan Sholat Jumat merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal, sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits.

Salat jumat berjamaah di Masjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). Ini niat Sholat Jumat Bahasa Arab dan Artinya, Juga Ada Syarat & Sunahnya, Ingat Kaum Lelaki Wajib.
Salat jumat berjamaah di Masjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). Ini niat Sholat Jumat Bahasa Arab dan Artinya, Juga Ada Syarat & Sunahnya, Ingat Kaum Lelaki Wajib. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui," (Al Jumu'ah 62:9).

"Hendaklah orang-orang itu berhenti dari meninggalkan shalat Jumat atau kalau tidak, Allah akan menutup hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang yang lalai." (HR. Muslim)

"Sungguh aku berniat menyuruh seseorang (menjadi imam) shalat bersama-sama yang lain, kemudian aku akan membakar rumah orang-orang yang meninggalkan shalat Jumat." (HR. Muslim)

"Shalat Jumat itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjama`ah terkecuali empat golongan, yaitu hamba sahaya, perempuan, anak kecil dan orang yang sakit." (HR. Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)

Niat Sholat Jumat Jadi makmum

Halaman
1234
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved