Breaking News:

Berita Tapin

Mencegah Mobilitas Mudik Warga Tapin, Ini Yang Akan Dilaksanakan Polres Tapin

Mencegah mobilitas mudik lebaran 2021 Polres Tapin akan berkordinasi dengan dinas terkait untuk membentuk Pos Operasi Intan

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Hari Widodo
Dok BPost
Kabag Ops Polres Tapin, AKP Faisal Amri Nasution. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kepolisian daerah Kalimantan selatan (Polda Kalsel) pada kamis, (22/04/2021) kemarin telah resmi menetapkan enam titik pos penyekatan mudik lebaran 2021 yang akan dimulai pada 06 Mei sampai 17 Mei 2021 mendatang.

Enam titik tersebut terdiri dari lima titik pos yang berada di kabupaten dan kota yang berbatasan langsung dengan provinsi tetangga dan satu titik pos di kecamatan Binuang tepatnya di perbatasan kabupaten Banjar dengan kabupaten Tapin.

Hal ini dikatakan Kapolda Kalsel guna mencegah mobilitas pemudik dari Banjarmasin dan sekitarnya ke arah hulu sungai.

Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto melalui Kabag Ops, AKP Faisal Amri Nasution, SH, MM mengatakan terkait informasi adanya pos Penyekatan Mudik yang salah satunya di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin sampai saat ini masih menunggu keputusan final dan konsep penerapannya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca juga: Ketua MPR Kritisi Kebijakan Pemerintah : Mudik Dilarang, Warga Asing Malah Difasilitasi Masuk

Baca juga: Aturan Larangan Mudik, Satlantas Polres Banjarbaru Turunkan Personel Berjaga di Empat Titik

Baca juga: Hari Ini Larangan Mudik Lebaran 2021 Diterapkan, Begini Peraturan Selengkapnya

"Untuk titik Pos yang ada di Kecamatan Binuang, kami belum menyebutnya sebagai Pos Penyekatan Mudik. Karena belum ada keputusan resmi dari pihak Pemprov terkait konsep penerapannya," ungkapnya saat dikonfirmasi Banjarmasinpost,  Jumat, (23/04/2021).

Meskipun demikian, AKP Faisal mengatakan dalam rangka mencegah mobilitas mudik lebaran 2021 ini, Polres Tapin akan berkordinasi dengan dinas terkait untuk membentuk Pos Operasi Intan di tiga titik lokasi dan satu Pos Cek Poin.

"Untuk lokasi Pos Operasi Intan ada tiga lokasi yakni Kecamatan Binuang, Kecamatan Candi Laras Selatan dan Kecamatan Lokpaikat sedangkan satu Pos Cek Poin berada di Bundaran Dulang," jelasnya.

Ia mengatakan tiga titik untuk Pos Operasi Intan akan di isi dengan personel Gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas terkait. Sedangkan untuk pos cek poin di Bundaran Dulang hanya akan diisi oleh personel dari Polres.

"Khusus di Bundaran Dulang hanya akan diisi oleh personel Polres karena berkaitan dengan pengaturan arus lalulintas," jelasnya.

Ia mengatakan sedangkan untuk penerapan sangsi dan tindakan apabila ada masyarakat yang memaksakan untuk mudik, pihaknya menunggu keputusan dari Pimpinan Daerah.

"Untuk keputusan penetapan Pos Cegat Mudik, Akan digelar rapat tingkat provinsi pada Selasa mendatang," jelasnya.

Baca juga: Perpanjangan Masa Pengetatan Mudik, Dinkes Kalsel Siapkan 65 Ribu Rapid Tes

Ia juga mengatakan sedangkan tiga titik pos dan satu pos yang sudah ditetapkan ini akan mulai beroperasi pada 06 Mei sampai 17 Mei 2021 mendatang.

"Menindaklanjuti hal ini, saya mengimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Tapin agar menunda kegiatan mudik demi keselamatan pribadi dan keluarga mengingat penyebaran covid-19 masih cukup tinggi," jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved