Breaking News:

Pilkada Kalsel 2021

Polresta Banjarmasin dan Tim Gabungan Lakukan Persiapan Amankan PSU Pilwali Kota Banjarmasin

Polresta Banjarmasin memastikan kesiapan pengamanan dalam bentuk patroli serta personel yang siap berjaga di 3 kelurahan untuk PSU Pilwali Banjarmasin

banjarmasinpost.co.id/noor masrida
Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan saat apel persiapan pengamanan jelang PSU Pilwali kota Banjarmasin Jumat (23/4/2021) 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jelang pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Polresta Banjarmasin memastikan kesiapan pihaknya dan personel gabungan untuk melakukan pengamanan.

Pengamanan dilakukan dalam bentuk patroli serta personel yang siap berjaga di 3 kelurahan untuk PSU mendatang di kelurahan Mantuil, Basirih Selatan, dan Murung Raya.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan, Jumat (23/4/2021), menjelaskan dengan adanya tindakan pengamanan ini,

ia berharap masyarakat tak takut ketika melakukan PSU.

Baca juga: Jelang PSU Pilkada Banjarmasin, Ratusan Petugas KPPS Jalani Bimtek

Baca juga: Jelang PSU Pilwali, Polresta Banjarmasin Kawal Pergeseran Logistik

"Karena aparat di sini posisinya netral, masyarakat bebas memilih dan tidak ada intervensi dari pihak tertentu," ujar Kapolresta.

Untuk personel, Kapolresta menjabarkan, keamanan dibagi menjadi tiga kategori wilayah, yakni biasa, rawan dan sangat rawan.

"Kalau kategori sangat rawan, biasanya per satu TPS ditempatkan 1 polisi 2 linmas dan 2 petugas TPS. Untuk saat ini diterapkan 2 polisi 2 linmas dan 1 petugas KPU," jelas Kapolresta.

Meski tidak diterangkan dalam Undang-undang tentang berapa jumlah personel yang bertugas, yang jelas karena yang dilaksanakan adalah pemungutan suara ulang, maka kategorinya dianggap sangat rawan.

Patroli dari personel polisi akan memanfaatkan posko-posko PPKM Mikro dan Kampung Tangguh yang ada.

"Nanti di sana akan disiagakan petugas yang berjaga selama 24 jam," tambahnya.

Kegiatan pengamanan ini akan kian diintensifkan 3 hari jelang PSU Pilwali pada 28 April mendatang.

Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida

Penulis: Noor Masrida
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved