Breaking News:

Berita HSS

Sungai Amandit HSS Membaik, Semua Lapisan Masyarakat Diminta Menjaga Kualitas Air

Kualitas air Sungai Amandit mulai membaik dalam sepekan terakhir. Bahkan, air sungai yang keruh kini mulai jernih.

banjarmasinpost.co.id/aprianto
ilustrasiL Bamboo rafting di Sungai Amandit. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kualitas air Sungai Amandit mulai membaik dalam sepekan terakhir. Bahkan, air sungai yang keruh kini mulai jernih.

Warga di Hulu Sungai Selatan bahkan memanfaatkan hal ini untuk mencari ikan di sungai.

Ari misalnya, mencari ikan di Sungai Amandit. "Sempat ikan puyau ramai di tangkap warga," ujarnya.

Ia berharap Sungai Amandit akan terus jernih seperti ini.

Sementara itu, untuk terus mengembalikan kualitas aliran Sungai Amandit terletak di lereng Pegunungan Meratus, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Tim Teknis Penanganan Sungai Amandit melakukan ekspose belum lama tadi.

Baca juga: VIDEO Mayat Pria Bertato Ditemukan di Sungai Amandit Kandangan

Baca juga: Mayat Lelaki Bertato Kalajengking Mengapung di Sungai Amandit Kabupaten HSS

Baca juga: Sempat Meluber ke Pemukiman, Debit Air Sungai Amandit di Loksado HSS Kalsel Sempat Bikin Panik

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan, Syamsuri Arsyad mengatakan, ada beberapa faktor menyebabkan menurunnya kualitas air Sungai Amandit. Mulai dari aktivitas galian C dan tambang pasir, terjadi longsor di kawasan Loksado, serta pertambangan yang terbagi dua, yaitu eks pertambangan ilegal.

Dari beberapa faktor tersebut, longsor tidak terlalu berpengaruh dan dinas terkait sudah melakukan penanaman pohon. Sedangkan galian C dan tambang pasir sudah ditertibkan dan direlokasi ke beberapa titik supaya tidak menambang pasir di bantaran Sungai Amandit.

"Sekarang kualitas air Sungai Amandit sudah mulai jernih. Hal ini setelah beberapa waktu lalu, ditertibkannya tambang pasir," katanya.

Kualitas air Sungai Amandit saat ini mulai jernih, ia berharap masyarakat tetap menjaga agar kekeruhan beberapa waktu lalu tidak terjadi lagi.

Kepala Dispera KPLH HSS, Ronaldy Prana Putra mengatakan, rekomendasi perbaikan sudah disampaikan tim teknis Pemkab HSS sejak tahun 2020 tadi dan saat ini terus berproses.

Sebagian besar selesai. Namun ada beberapa yang masih proses.

Berdasarkan rapat, penanganan dilakukan pihak perusahaan akan selesai direncanakan bulan Agustus mendatang sesuai dengan komitmen bersama.

“Semoga setelah setelah selesai. Kualitas air Sungai Amandit kembali bagus lagi dan monitoring sampai evaluasi akan terus dilakukan,” katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved