Breaking News:

Berita Kapuas

Wabah Corona Kalteng, Calon Jemaah Haji Lansia di Kapuas Jalani Vaksinasi Dosis Dua

Wabah Corona Kalteng, Persiapan pelaksanaan ibadah haji terus dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Kapuas bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas me

Foto Kemenag Kapuas Kalteng banjarmasinpost.co.id
Pihak Kemenag Kapuas memantau pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk CJH lansia 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Wabah Corona Kalteng, Persiapan pelaksanaan ibadah haji terus dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Kapuas bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kesehatan.

Persiapan dilakukan dengan memberi vaksin Covid-19 Tahap kedua kepada Jemaah Calon Haji (CJH) yang telah berusia lanjut (Lansia).

"Ya, CJH yang lansia telah mengikuti vaksin hingga dosis kedua," kata Plt Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kapuas, Muhammad Poteran Sosilo, Jumat (23/4/2021).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi CJH Lansia berjalan lancar, meski dilaksanakan pada bulan Ramadan.

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Lokasi Pasar Ramadhan Sampit Tak Seramai Dulu, Protokol Kesehatan Diperketat

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Pasien Meninggal Tertular Covid -19 Kebanyakan Punya Penyakit Komorbid

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Kadisdik Kapuas Minta Sekolah Tak Ada Kluster Baru Covid-19 Saat Pembelajaran

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Tim Satgas Covid-19 Palangkaraya Awasi Protokol Kesehatan Saat Acara di Gedung

"Dengan vaksinasi ini CJH Lansia sebagai salah satu upaya perlindungan terhadap virus. Semoga tahun ini CJH bisa berangkat menjalankan ibadah haji setelah sempat tertunda tahun lalu karena virus ini," ucap Poteran.

Sementara itu, Seksi PTM dan Keswa Dinas Kesehatan Kapuas, Yuniarti Noor mengatakan vaksinasi covid-19 tahap kedua bagi CJH Lansia ini, total ada 32 calon jamaah yang di vaksin.

Tujuh CJH ditunda sementara karena 2 orang terkonfirmasi positif covid-19, 2 orang masih sakit, 2 orang berhalangan hadir dan 1 orang tekanan darah tinggi

"Insya Allah kami sangat mengharapkan semua calon jamaah haji bisa divaksin. Untuk CJH Lansia pemberian vaksinasi sudah dilakukan dua kali," ujarnya.

Disampaikannya, vaksin diberikan dalam rangka meningkatkan imunitas. "Bila suatu saat terpapar dia tidak akan sakit berat, hanya sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan," ujarnya.

Pihaknya pun berpesan kepada lansia setelah divaksin agar selalu menjaga pola makan, berolahraga ringan serta cek kontrol ke pusat kesehatan masing-masing.

"Kami doakan kepada CJH Lansia semoga sehat dan nantinya bisa berangkat ke tanah suci mekkah," pungkasnya. (Banjarmasin.post.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved