Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Tim Satgas Pangan Kabupaten Tanbu Banyak Temukan Barang Kedaluwarsa

Tim Satgas Kabupaten Tanbu temukan barang kedaluwarsa, saus botol, saus sachet, biskuit, makanan ringan, soda makanan yang belum terdaftar di BPOM.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
POLRES TANBU
Tim Satgas Ketahanan Pangan melakukan pemeriksaan masa kedaluwarsa barang, ketersediaan bahan sembako dan mencegah penimbunan di salah satu pasar di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN – Demi menjamin ketersediaan bahan pokok, serta mencegah penimbunan, Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) turun ke pasar lakukan pemeriksaan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Kecamatan Simpangempat, Kecamatan Batulicin dan Kusan Hilir, Kabupaten Tanbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kapala Seksi Pembinaan Perdagangan, Yanti, mengatakan, pengecekan dilakukan dengan sasaran Toko dan Mini Market.

“Khusus hari ini kami melakukan pengecekan serta monitor ketersediaan serta kondisi barang di setiap toko dan minimaret yang menjual bahan pangan,” ujarnya, Sabtu (25/4/2021).

Baca juga: Pemkab Tanbu Ikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Provinsi Kalsel

Baca juga: Ingin Tangguhkan Penahanan Mantan Sekda, DPRD Tanbu Disorot Direktur Pusat Studi Politik Banjarmasin

Selanjutnya, Yanti menambahkan, dari hasil pengecekan telah ditemukan beberapa bahan makanan yang kondisinya telah kedaluwarsa.

Barang temuan itu, saus botol, saus sachet, biskuit, makanan ringan dan bahkan ada salah satu soda makanan yang belum terdaftar di Badan POM.

“Kami bersama Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanbu telah mengumpulkan produk kedaluwarsa dan yang tidak terdaftar di Badan POM. Langkah selajutnya, ada beberapa barang yang bisa diretur oleh toko ke penyuplai dengan menunjukan bukti surat retur. Selebihnya, dikumpulkan di Kantor Satpol PP untuk kemudian dimusnahkan,” pungkasnya.

Untuk wilayah Kecamatan Simpangempat, pemeriksaan dimulai dari SK MART Desa Baroqah, Mentari Minimarket, lalu menuju Indomaret Jalan Transmigrasi Plajau, Toko H Didong.

Baca juga: Politala Tegaskan Kesiapan Membantu Tanbu Majukan Politeknik di Bumi Bersujud

Baca juga: VIDEO Balai Karantina Banjarmasin Bakar Daging Kuda Tak Berdokumen di Kabupaten Tanbu

Terpisah, Kasatreskrim Polres Tanbu Iptu Wahyudi, saat dikonfirmasi, mengatakan, hingga saat ini belum ada toko yang diberikan sanksi.

" Wilayah Simpangempat belum ditemukan, sementara yang kedapatan menjual barang kedaluwarsa akan diberi teguran," katanya.

Kegiatan tersebut diikuti petugas dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Loka POM, Kodim, Intelkam Polres  dan Unit II Satreskrim, Satpol PP serta Diskominfo.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved