Breaking News:

Berita Tapin

VIDEO Para Ibu di Bitahan Kabupaten Tapin Mengolah Gadung Jadi Kerupuk

Usaha pembuatan kerupuk gadung untuk menambah penghasilan di masa pandemi dijalani para ibu di di Desa Bitahan, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU -  Seorang ibu rumah tangga di Desa Bitahan, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, menjadi perajin kerupuk berbahan gadung. 

Diketahui, gadung adalah sejenis tumbuhan berumbi yang dapat diolah menjadi kerupuk. 

Namun akan mengandung racun yang mengakibatkan pusing serta muntah apabila tidak diolah dengan baik dan benar.

Perajin kerupuk gadung tersebut adalah Laminen (65) yang saat ditemui Banjarmasinpost.co.id di rumahnya, Sabtu, (24/04/2021), ternyata para ibu untuk mengolah makanan ringan ini.

Baca juga: Ngebuburit Sambil Menunggu Puasa, Muda-Mudi di Tapin Gelar Musik Tradisional

Baca juga: Polres Tapin Amankan Tersangka Pencurian Handphone

Menurut Laminen, dirinya menggeluti usaha pembuatan kerupuk gadung untuk menambah penghasilan,  sekaligus memberdayakan ibu-ibu yang karena Pandemi Covid-19 banyak yang tidak memiliki penghasilan tetap.

"Usaha ini baru mulai akhir April 2021. Mengingat situasi yang sulit, minimal ada tambahan penghasilan untuk keluarga dan memberdayakan ibu-ibu di sekitar," jelasnya.

Perempuan 65 tahun ini menceritakan proses pembuatan kerupuk dari gadung yang memang tidak mudah. Tergantung cuaca, serta prosesnya sangat lama.

"Proses mendapatkan gadung ini juga tidak gampang. Biasanya suami berangkat subuh dan pulang tengah hari. Sampai rumah, langsung dibersihkan serabutnya," jelasnya.

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, PSU Binuang, KPU Tapin Gelar Verifikasi Pemenuhan Syarat Anggota PPS

Ia mengatakan karena bentuknya yang besar, maka pengerjaannya juga perlu banyak orang. Saat suami pulang, biasanya ibu-ibu langsung berkumpul di rumah.

Halaman
12
Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved