Breaking News:

Kampusiana

Mahasiswa Prodi Geografi FISIP ULM Banjarmasin PKL ke Batakan Baru, Ukur Pasang Surut Air Laut

Mahasiswa Program Studi Geografi FISIP ULM Banjarmasin melaksanakan PKL ke Pantai Batakan Baru. Disana, mereka mengukur pasang surut air laut

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
Program Studi Geografi FISIP ULM Banjarmasin untuk Bpost
Pengukuran arus air laut menggunakan stop watch, oleh mahasiswa Prodi Geografi FISIP ULM Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program Studi Geografi FISIP ULM Banjarmasin, kembali melaksanakan kegiatan rutin akademik Semester Genap 2020/2021.

Kegiatan tersebut yakni Praktik Kerja Lapangan (PKL) integrasi mata kuliah Oseanografi, Geomorfologi, dan Geografi Tanah.

Adapun lokasi PKL mengambil tempat di Kabupaten Tanah Laut, Pantai Batakan Baru untuk Praktik Oseanografi dan Bukit Timah untuk Praktik Geomorfologi dan Geografi Tanah.

Kegiatan iti diikuti sebanyak 91 mahasiswa Program Studi Geografi Angkatan 2020, enam dosen pendamping dan 12 asisten dosen.

Baca juga: Petakan Sungai Martapura, Prodi Geografi FISIP ULM Bantu Penanganan Banjir di Banjarmasin

Baca juga: Cuaca Tak Menentu, Pemasangan Glamping di Pantai Batakan Baru Tanahlaut Tertunda

Baca juga: Banjir Kalsel, Pokdarwis Bersihkan Pantai Batakan Baru Kotor Akibat Pasang Besar Lautan

"Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, guna menghindari kerumunan dan jaraknya bisa diatur," kata Koordinator Prodi Geografi
FISIP ULM, Dr Nasruddin. Minggu (25/4/2021).

Kegiatan PKL Matakuliah Oseanografi meliputi pengukuran pasang surut air laut, pengukuran profil garis pantai, kualitas air, biota, dan sedimen.

Selanjutnya PKL Matakuliah Geomorfologi meliputi pengukuran profil, pengamatan batuan, dan geografi tanah, pengukuran penampang tanah.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan adalah untuk menyeimbangkan, antara teori yang diperoleh dengan kondisi nyata dilapangan," jelasnya.

Baca juga: Jadi Wisata Andalan di Tanahlaut, Jalan di Lingkungan Pantai Batakan Baru Becek dan Tergenang

Hasil kegiatan praktik lapangan yang telah dilaksanakan itu, selanjutnya dianalisa laboratorium Geografi, Prodi Geografi FISIP ULM.

"Diharapkan kedepannya para pemangku kepentingan di Kalimantan Selatan dapat bekerjasama dalam kegiatan akademik, guna menggali potensi wilayah, dan menciptakan SDM yang siap pakai di Kalimantan Selatan," terangnya. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved