Breaking News:

Berita Banjar

One Day One Prison's Product, Deretan Hasil Produk dan Karya WBP Sebanjar Raya Ditampilkan

warga binaan pemasyarakatan  (WBP) dari enam Lembaga Pemasyarakatan se Banjar Raya Kalsel dipamerkan di Halaman Lapas Perempuan Martapura

banjarmasinpost.co.id/siti bulkis
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas melihat dan membeli produk Lapas Perempuan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (26/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - warga binaan pemasyarakatan  (WBP) dari enam Lembaga Pemasyarakatan se Banjar Raya Kalsel dipamerkan di Halaman Lapas Perempuan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (26/4/2021). 

Enam Lapas tersebut diantaranya Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Lapas Banjarbaru, Lapas Banjarmasin, Rutan Peleihari dan Rutan Marabahan.

Dalam rangkaian event bertajuk One Day One Prison's Product tersebut, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Tejo Harwanto mengatakan, kegiatan ini masih dalam rangkaian memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke 57 di 2021. 

"Terpampangnya hasil karya ini merupakan hasil dari proses pembinaan kemandirian, dan semoga di Kalimantan Selatan pembinaan kemandirian ini bisa menjadi salah satu unggulan di UPT Pemasyarakatan," kata Tejo. 

Baca juga: Tak Hanya Bercocok Tanam, WBP Lapas Karang Intan Martapura Dilatih Membuat Sasirangan

Baca juga: Jahe dan Amplang Produksi WBP Lapas Perempuan Martapura Laris dan Jadi Favorit Pembeli Pasar Murah

Baca juga: Geledah Blok Hunian WBP Lapas Karang Intan Kabupaten Banjar Petugas Temukan Sajam Rakitan

Pembinaan kemandirian ini, menurutnya akan menjadi bekal setelah para WBP meninggalkan Lembaga Pemasyarakatan untuk kembali berbaur di masyarakat. 

Lebih lanjut, Tejo menyebut, bila di refresh kebelakang berkenaan sistem pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan memiliki fungsi pembinaan warga pemasyarakatan, dan warga binaan ini merupakan masyarakat yang menempati kawasan pemasyarakatan. 

"Mereka ini juga masyarakat yang mendukung program-program perintah melalui karya mereka yang di hasilkan di dalam Lapas dan ada beberapa hasil produk unggulan WBP di daerah lain yang sampai ke manca negara. Semoga produk unggulan WBK di Kalimantan Selatan bisa maju juga,"  sambungnya. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu pihak-pihak terkait harus mendorong pembinaan terhadap WBP agar bisa bersaing tidak hanya di Kabupaten Banjar, tetapi juga di Kalimantan Selatan dan bahkan bisa berpartisipasi dalam perdagangan ekspor ke luar negeri. 

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah yang bekerja sama dengan pihak-pihak terkait se-Banjar Raya untuk lebih meningkatkan kualiatas perekonomian warga binaan seusai dari tempat mereka berada saat ini. 

Dirinya mengaku sangat tertarik dengan kerajinan yang bisa menjadi dekorasi rumah dan produk lainnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Bulkis
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved