Breaking News:

Sport

Popnas XVI Ditunda, Pelatih Cabor Panahan Tanbu Ini Ragukan Popda Kalsel 2021 Tetap Digelar

Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI tahun 2021 resmi ditunda. Situasi ini, membuat Popda Kalsel 2021 diragukan bakal digelar

Kolase Banjarmasinpost
(kiri) Pelatih cabor panahan Tanahbumbu, Ali dan Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, M Fitri Hernadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI tahun 2021 resmi ditunda. Keputusan tersebut membuat perwakilan cabor daerah berasumsi bahwa Pekan Olahraga Pelajar (Popda) Kalsel akan dibatalkan.

Padahal pemenang di Popda Kalsel 2021 memiliki kesempatan untuk mewakili Kalsel ke ajang Popnas, namun hal tersebut buyar karena Popnas 2021 dibatalkan.

Atas pembatalan tersebut, pelatih cabor panahan Tanahbumbu, Ali menyatakan sempat meragukan Popda Kalsel bakal bergulir.

"Asumsi saya saja karena Popnasnya batal. Tapi kalau memang Popda tetap dilaksanakan, Alhamdulillah anak-anak ada kegiatan," ujarnya pada Senin (26/4/2021).

Baca juga: Hadapi Popda Kalsel 2021, Tim Taekwondo Banjarmasin Siapkan 18 Atlet

Baca juga: Dispora Kalsel Pastikan Atlet Berlaga di Popda 2021 Diswab Antigen

Baca juga: Tim Dayung Tanahlaut Tidak Pasang Target Muluk-muluk di Popda Kalsel 2021

Namun ia mengutarakan bahwa pihaknya siap mengikuti semua kategori ajang panahan di Popda Kalsel 2021.

Namun ia menyayangkan terkait batasan jumlah atlet yang akan berangkat ke Banjarmasin tersebut.

"Ditambah lagi yang paling menyedihkan yaitu tidak adanya pembinaan yang menyangkut pelatihannya itu sendiri dari pihak terkait," keluhnya.

Terpisah, Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, M Fitri Hernadi mengutarakan bahwa setiap cabor memang telah mendapatkan informasi terkait batalnya Popnas 2021.

Namun Fitri juga menegaskan bahwa ajang Popda Kalsel 2021 rencananya tetap dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian dan protokol kesehatan ketat, sekaligus sebagai persiapan para pelajar untuk tetap berkompetisi menghadapi Pra-Popnas 2022.

Dispora dan Bapopsi Provinsi Kalsel akan menghadiri pelaksanaan rapat PB Bapopsi di Tangerang pada akhir April nanti, membahas persiapa Pra Popnas 2022 yang akan diselenggarakan per regional. 

"Popda 2021 akan dipersiapkan untuk multievent pelajar regional III tersebut yang insya Allah akan dilaksanakan di Provinsi Bali. Apakah nanti akan dibatalkan atau ditunda sebagaimana Popnas, kita tetap harus bersiap dengan segala kondisi yang ada," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga memastikan Popnas XVI ditunda hingga tahun 2023.

Baca juga: PJSI Banjarbaru Targetkan Raih Medali Emas Popda Kalsel 2021, Bidik Kelas di Bawah 55 Kilogram

Keputusan Kemenpora itu didasarkan pada pertimbangan perkembangan kasus Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia sebagaimana disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 melalui Surat Edaran Nomor 7 tahun 2021 tanggal 9 Februari 221 perihal Perpanjangan Ketentuan perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

Dalam suratnya bernomor: RO.00.01/04.19.i/D.IV-2/IV/2021 tertanggal 19 April 2021 yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Selatan dan Gubernur Bangka Belitung itu

(Banjarmasinpost.co.id/Amirul Yusuf)

Penulis: Amirul Yusuf
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved