Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Surat Suara Lebih dan Rusak untuk PSU Pilwali Banjarmasin Mencapai 248 Lembar

KPU Banjarmasin telah lakukan penyortiran dan pelipatan 29.056 lembar kartu suara untuk PSU pilwali kota. Didapati 248 lembar rusak, akan dimusnahkan.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwali Kota Banjarmasin sedang disortir dan dilakukan pelipatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Proses penyortiran sekaligus pelipatan surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 telah rampung dilakukan KPU.

Rencana yang ada, Senin (26/4/2021) malam surat suara beserta logistik PSU lainnya mulai didistribusikan ke tiga kelurahan yang jadi tempat pelaksanaan PSU Pilwali Banjarmasin, yakni Mantuil, Murung Raya, Basirih Selatan.

Surat suara yang akan dipergunakan untuk pelaksanaan PSU, sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat Pilwali Banjarmasin 2020 yang dilaksanakan pada 9 Desember lalu, yakni 29.056 lembar.

Kemudian, jumlah tersebut ditambah dengan surat suara cadangan sebesar 2,5 persen per Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang jumlahnya mencapai 80 buah.

Baca juga: Komisioner KPU RI Jadwalkan Hadir di Kalsel, Arief Budiman Pantau PSU Pilkada Banjarmasin

Baca juga: VIDEO TPS di Kelurahan Basirih Selatan Terima Logistik Prokes PSU Pilwali Banjarmasin

Dari jumlah tersebut, maka total surat suara yang akan digunakan pada PSU Pilwali Banjarmas 2020 sebanyak 39.824 lembar untuk tiga kelurahan.

Namun setelah dilakukan penyortiran hingga proses pelipatan, bahkan juga pengepakan, diketahui jumlah surat suara yang datang berlebih. Malah, ada yang rusak.

Sekretaris KPU Banjarmasin, Husni Thamrin, membenarkan bahwa jumlah surat suara untuk PSU Pilwali Banjarmasin berlebih, baik itu yang dalam kondisi baik maupun yang rusak. Jumlahnya mencapai ratusan.

"Iya. Setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, ternyata ada lebih. Mungkin dari percetakannya mencetak berlebih. Jumlah surat suara yang lebih dan dalam kondisi baik sebanyak 236 lembar, kemudian yang rusak jumlahnya ada 12 lembar. Jadi totalnya 248 lembar yang lebih dan sudah termasuk yang rusak," ujar nya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: PSU Pilkada Banjarmasin, Perusahaan  Diimbau Beri Dispensasi Karyawan Untuk Mencoblos

Baca juga: Jelang PSU Pilkada Banjarmasin, PJ Wali Kota Pantau 3 Kelurahan di Banjarmasin Selatan

Perlakuan terhadap surat suara yang berlebih dan rusak, menurut Husni Thamrin, sama seperti Pilwali Banjarmasin 2020 lalu.

"Akan kami musnahkan karena tidak terpakai. Minimal H-1 sebelum PSU dilaksanakan, akan kami musnahkan," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved