Breaking News:

Wabah Corona

Tsunami Covid-19 di India : Rata-rata 350 Kematian Sehari, Kehabisan Tempat Bakar Jenazah

Saking banyaknya jumlah korban tewas akibat Covid-19, tempat krematorium tak sanggup menampung dan membakar jenazah setiap harinya.

antara
Kremasi masal korban tewas akibat terinfeksi virus corona (COVID-19), terlihat di sebuah lapangan krematorium di New Delhi, India. Gambar diambil menggunakan drone. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Keganasan kasus Covid-19 di India semakin parah. Akibat Covid-19 di India mengamuk, ibu kota New Delhi mencatatkan rata-rata 350 kematian dalam sehari beberapa hari terakhir.

Saking banyaknya jumlah korban tewas akibat Covid-19, tempat krematorium tak sanggup menampung dan membakar jenazah setiap harinya.

Fasilitas krematorium sementara dalam tahap pembangunan sebagaimana dilansir NDTV, Senin (26/4/2021).

Pada Senin, New Delhi mencatat 350 kematian. Pada Minggu (25/4/2021) ibu kota mencatat 357 kematian.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: 212 Pasien Sembuh, Positif 16 Orang, 5 Meninggal

Baca juga: Anggaran Covid-19 Banjarbaru Tahun 2021 Capai Rp 33 Miliar, Begini Respon Dinkes

Pada Sabtu (24/4/2021), kota tersebut melaporkan 348 kematian.

Jumlah rata-rata kematian terkait Covid-19 di India dalam sepekan terakhir adalah 304.

Di situs krematorium Sarai Kale Khan, misalnya, sekitar 60 hingga 70 jenazah ditangani setiap harinya karena gelombang kedua virus corona yang mematikan.

Pasien covid di India. FOTO ILUSTRASI.
Pasien covid di India. FOTO ILUSTRASI. (AP)

Padahal fasilitas krematorium tersebut hanya berkapasitas 22 jenazah. Sekarang, setidaknya 100 platform kremasi baru sedang dibangun di ruang hijau di dekatnya untuk mengantisipasi beban kasus yang lebih tinggi.

"Ada banyak tekanan untuk menyelesaikan pembangunan platform baru ini," kata seseorang yang terhubung ke fasilitas tersebut kepada NDTV.

Pashupati Mandal, seorang kontraktor yang membangun platform kremasi terbaru mengatakan bahwa sekitar 20 akan siap pada Senin malam waktu setempat.

 Sedangkan 80 lainnya akan siap dalam beberapa hari lagi. Di sisi lain, pekerja di krematorium Sarai Kale Khan kewalahan dan terlalu banyak bekerja.

Saking kewalahan, para kerabat jenazah harus turun tangan termasuk dengan melakukan beberapa pekerjaan manual seperti memindahkan kayu bakar dan lainnya.

Baca juga: Ledakan di Penyimpanan Tabung Oksigen, RS Covid-19 di Irak Terbakar Hingga Tewaskan 82 Orang

Situasinya sama suramnya di 25 fasilitas krematorium dan pemakaman lainnya di New Delhi akibat Covid-19 di India semakin mengamuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Covid-19 di India Mengganas, Krematorium Kehabisan Tempat Bakar Jenazah"

Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved