Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Pj Gubernur Kalsel Hadiri Simulasi Penanganan Karhutla di Banjarmasin

Pj Gubernur Kalsel minta penanganan karhutla harus dilakukan pemkab, pemko hingga desa. Simulasi karhutla di kantor lama gubernur di Banjarmasin.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Simulasi penanganan bencana berlangsung di kantor lama Gubernur Kalimantan Selatan, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Banjarmasin, Senin (26/4/2021).

PenJabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA, menghadiri kegiatan itu berucap, menangani bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus dilakukan mulai dari tingkat kabupaten, kota hingga desa.

Pada Juni ini, lanjutnya, Kalsel masuk dalam musim kemarau. Pihaknya akan menyiapkan personel, prosedur, peralatan dan bahan yang diperlukan.

Kemudian, Pj Gubernuur Kalsel Safrizal ZA juga mengungkapkan, sampai saat ini masih belum memastikan penetapan status darurat dan siaga tanggap darurat pada Juni 2021.

Baca juga: Petakan Daerah Rawan Karhutla, Dishut Kalsel Yakin Jumlah Kebakaran Bisa Ditekan

Baca juga: Walhi Kalsel: Soal Karhutla, Pemerintah Lalai

"Kita lihat, penetapan status darurat dan dan tanggap darurat berdasarkan potensi kejadian. Sekarang masih terjadi hujan, sehingga belum kami tetapkan. Jika nanti panas berturut-turut dan ada potensi hotspot, kami pelajari untuk penetapan status," jelasnya.

Sementara itu, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah, mengatakan, daerah yang menjadi fokus penanganan karhutla Kalsel tetap sama dengan sebelumnya, yakni kawasan Kecamatan Batibati Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kelurahan Guntung Payung Kota Banjarbaru dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).

"Kalau daerah hulu sungai ada di daerah pegunungan tapi tidak begitu besar potensinya," ujarnya.

Ditambahkan Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Mujiyat, pihaknya atas arahan PJ Gubernur sudah diminta untuk mengusulkan helikopter ke BPNP untuk penanganan karhutla.

Baca juga: Karhutla Kalsel, Giliran Lahan Guntung Paikat Kota Banjarbaru yang Terbakar

Baca juga: Korem 101 Antasari Siapkan 1.100 Personel untuk Penanganan Karhutla di Wilayah Kalsel

"Jumlahnya nanti disesuaikan dengan potensi dan lahan yang terbakar," ujarnya.

Simulasi dalam peringatan HKB sendiri terangnya merupakan upaya persiapan untuk menghadapi bencana termasuk Karhutla yang menjadi bencana rutin di Kalsel saat musim kemarau.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved