Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Larangan Mudik 6-17 Mei, City Link Tegaskan Maskapai Tidak Lakukan Reschedule Otomatis

City Link menegaskan tidak ada reschedule otomati terkait larangan mudik 6-17 Mei 2021

Kontan.Co.ID
Ilustrasi- Manajemen Maskapai City Link menegaskan tidak ada reschedule otomatis terkait larangan mudik 6-17 Mei 2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Penumpang City link tiba tiba mendapat notifikasi mengubah jadwal penerbangan. Itu karena pada tanggal tersebut ada larangan mudik dari pemerintah. 

"Tadihya saya mau pulang tanggal 9 Mei. Tiba tiba dapat sms diubah tanggal 6 mei. Karena larangan ini. Padahal kan saya tidak mau pulang ditanggal 6 itu," cetus Herman ke BPost. 

Namun pihak maskapai City link tidak membenarkan jika melakukan scedule otomatis di tanggal larangan itu. 

"Rechedule tergantung request by pax, kalau penumpang tidak request untuk reschedule maskapai tidak akan rescedule secara otomatis," kata SPV Customer Service City link Banjarmasin, Sari Pramuji. 

Baca juga: Maskapai Penerbangan Banjir Pertanyaan dari Penumpang Pasca Larangan Mudik

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021 Diperpanjang, Pengusaha Travel Kalsel Keberatan

Baca juga: Larangan Mudik 6-17 Mei 2021, Bandara Syamsuddin Noor Tetap Buka

Dijelaskan dia. karena ada larangan pada 6-17 Mei maka untuk reschedule pax bisa telpon call center, atau datang ke kantor perwakilan City Link

"Sekali lagi rescedule, bukan dari maskapainya pak, tapi request dari penumpang.  Maskapai tidak melakukan reschedule secara otomatis," sebutnya. 

Ditanya sudah berapa yang rescedule untuk penumpang  City Link. dia mengaku tidak menghitung. "Tidak ada mengitungin pak," sebutnya. 

Maskapai lainnya, Seperti disampaikan GM Lion Air, Agung Purnama,  juga mengakui bahwa saat ini memang sudah banyak pihak penumpang yang bertanya refund tiket. 

"Rata rata ini refund ke awal sebelum larangan mudik. Selain banyaknya penumpang yang mengubah jadwal penerbangan lebih awal, dia mengungkapkan, bulan ini jumlah penumpang Lion Air di Bandara Syamsudin Noor juga meningkat signifikan. 

"Saat ini Lion Air rata-rata melayani sekitar 1.484 penumpang sehari. Padahal bulan sebelumnya cuma 400 sampai 500. Ini kemungkinan karena ada yang mudik duluan tadi," sebutnya. 

Stakeholder Relation Manager, Bandara Intermasional Syamsudin Noor Ahmad Zulfian Noor membenarkan jika jumlah penumpang  pada bulan ini mengalami peningkatan. 

Baca juga: Pelarangan Mudik Makin Ketat, Tak Ada Moda Transportasi Sejak 6 -17 Mei

"Bulan ini rata-rata jumlah penumpang yang berangkat 2.600 per hari. Sementara bulan lalu rata-rata cuma seribu sehari," katanya. 

Dia tak menampik jika meningkatnya penumpang dikarenakan ada warga yang mudik duluan.

"Iya (ada yang mudik), dan juga karena momentum libur Paskah, jadi banyak yang pulang," ucapnya. (Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda) 

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved