Breaking News:

Berita Banjarmasin

Peserta Pemilihan Naga Banjarmasin 2021 Lebihi Target, Ini Pesan Kabid Kebudayaan Banjarmasin

Jumlah peserta yang mengikuti pemilihan Nanang Galuh (Naga) Banjarmasin 2021 melebihi target

Disbudpar Banjarmasin untuk BPost
Nanang Galuh Banjarmasin tahun sebelumnya. 

BANJARMASIN POST.CO.ID - Jumlah peserta yang mengikuti pemilihan Nanang Galuh (Naga) Banjarmasin 2021 melebihi target yang ditetapkan panitia pelaksana.

"Awalnya kita menargetkan jumlah peserta hanya 60 orang. Ternyata pada saat akhir pendaftaran tanggal 23 April mencapai 74 orang," papar Fatimah Adam, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Selasa (27/4/2021).

Rinciannya, lanjut dia, untuk jumlah laki-laki ada 31 orang, sedangkan perempuannya 43 orang. Pesertanya pun bervariasi, dari lulusan SMA hingga sudah meraih gelar S1. 

Ditambahkan Fatimah, jadwal pelaksanaan pemilihan Naga sesuai yang sudah direncanakan dibulan Mei, dari seleksi babak penyisihan semua akan dilaksanakan bekerjasama dengan HBI.

Begitu juga semi final dan grand final dengan menggunakan protokol kesehatan covid.

Baca juga: Nabila Ingin Jajal Pemilihan Nanang Galuh Banjarmasin 2021

Baca juga: Batas Akhir Pendaftaran 23 April 2021, Baru Ada 8 Pendaftar Nanang Galuh Kota Banjarmasin

"Peserta selain diseleksi juga akan mendapat pembekalan materi seni budaya oleh nara sumber dan sekaligus juri penilai," tandasnya.

Dia menyarankan, seluruh peserta Naga agar menyiapkan diri sebagaimana akan menyandang predikat Nanang dan Galuh Banjar yang memahami dan melaksanakan nilai- nilai seni budaya Banjar.

"Sebagai duta yang akan terpilih, faham makna menyandang nama besar sebagai Nanang dan Galuh, bukan pada saat pemilihan saja, tetapi dalam kehidupan sehari- hari," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, yakinkan dengan berani mengikuti seleksi pemilihan Naga tahun 2021 ini, sebagai simbol bahwa anak- anak muda Kota Banjarmasin punya potensi diri untuk kreatif berprestasi, namun tetap menjunjung tinggi adab budaya suku Banjar.

Baca juga: Pemilihan Nanang Galuh Banjar Dinilai Perlu Dikembalikan ke Fitrahnya

"Kami juga meminta kepada peserta Naga menjaga kekuatan imtaq sebagai dasar untuk melaju menjadi Naga yang menjadi panutan teladan bagi orang- orang disekitar.

"Jangan lupa belajar dari sang juara jika ingin jadi juara," pesan Fatimah.

(banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved